Hidup SehatKeluarga Sehat

Apa Penyebab Penyakit Tipes dan Apa Obatnya – Penyakit Tipes Pada Anak dan Cara Mengobatinya

keluarga balitanesia, apa penyebab penyaki tipes? Terkenal juga sebagai Demam Tifoid dan menular lewat makanan atau minuman dengan kontaminasi bakteri Salmonella Typhi. Bisa menyebar juga lewat orang yang terinfeksi (yaitu melalui fesesnya). Sakit tipes penyebabnya bakteri Salmonella typhi dan ada pada makanan atau minuman terkontaminasi. Setelah itu masuk dalam saluran cerna lalu berkembang biak. Kemudian menimbulkan macam-macam gejala setelah dua minggu inkubasi. Misalnya sembelit dan nyeri perut, demam tinggai dan bahkan diare juga.

Apa Penyebab Penyakit Tipes? Harus Waspada!

Kita tahu jika penyaki tipes sebabnya adalah terkontaminasi bakteri. Namun kita bisa terkontaminasi bakteri apabila selalu lakukan kebiasaan buruk berikut ini :

Sering Jajan Sembarangan

Hal pertama adalah sering jajan sembarangan dalam daya tahan tubuh yang kurang bagus. Karena hal itu bisa jadi penyebab dari penyakit tipes. Umumnya bakteri penyebab tipes hidup dalam air dengan kontaminasi dengan feses pasien tipes, juga bisa menempel pada makanan atau minuman yang kita konsumsi sebab jajan sembarangan tersebut. Anak-anak biasa tertular karena kurang bersih saat makan, dan daya tahan tubuhnya yang tak sekuat seperti orang dewasa.

Jagalah Kebersihan Makanan

Apabila mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang asalnya dari air yang dengan kontaminasi tinja atau air kencing dengan si bakteri penyebab tipes, maka bisa sebabkan tipes juga. Memang hal ini kurang umum, bakteri Salmonella typhi bisa bertahan pada urin orang yang terinfeksi. Jika penderita tipes menyentuh makanan tanpa cuci tangan dengan benar, lalu orang lain memakannya bisa menularkan bakteri. Maka karena itu, penting sekali dalam menjaga kebersihan makanan.

Air Minum yang Kotor

Tak hanya lewat makanan, sebab lewat minuman pun penyakit ini bisa menular. Sebab tak ada yang tahu jika bakteri sudah mengkontaminasi sumber air minum, sehingga bisa saja menularkan bakteri kepada semua orang. Contoh untuk yang sering jajan es sembarangan, es batu yang terbuat dari air mentah bisa mengandung bakteri tersebut.

Toilet yang Jorok Jadi Apa Penyebab Penyakit Tipes

Karena bakteri ini bisa bertahan lama dalam tinja orang yang sudah terinfeksi, maka jika ada toilet yang jorok baiknya hindari. Sebab kita bisa saja menyentuh atau terkontaminasi bakteri tersebut dalam wc itu. Jagalah kebersihan sebelum dan sesudah menggunakan toilet, cuci tangan yang benar menggunakan sabun supaya selalu bersih.

Kemudian bagaimana cara mencegah penyakit tipes? Caranya bukan hanya dengan menjaga kebersihan diri, tidak jajan sembarangan dan biasakan gaya hidup sehat berikut ini :

Mencuci Tangan Teratur

Ini adalah metode awal pencegahan berbagai macam penyakit, termasuk penyakit tipes ya. Cucilah tangan sebelum makan dan bahkan sebelum menyiapkan makanan. Juga sebelum dan sesudah menggunakan toilet. Untuk lebih praktisnya bawa hand sanitizer yang berbahan alkohol jika tidak ada air untuk cuci tangan.

Jangan Sembarangan Konsumsi Es Batu

Ketahuilah bahwa air minum yang terkontaminasi bakteri apapun, akan menjadi masalah khusus yang serius lho. Misalnya, dalam suatu daerah yang biasa minum dari sumber air yang sama, ternyata sudah terkontaminasi bakteri maka populasi pun akan terjangkit penyakit itu. Maka ada baiknya hindari es batu dari penjual yang tak jelas, gunakan es batu yang dibuat dari air matang.

Selalu Cuci Buah dan Sayur Saat Dikonsumsi

Apabila ingin makan buah atau sayuran, pastikan dicuci sampai bersih dengan air mengalir. Jika ingin dikukus lebih baik lagi, sebab bakterinya pasti mati dan lebih aman untuk kita santap.

Apa Penyebab Penyakit Tipes? Jangan Remehkan Penyakitnya!

Apabila salah satu anggota keluarga mulai merasakan gejalanya, segera berangkat ke dokter dan jangan tunda. Sebab jika tipes menjadi lebih parah, maka usus akan pendarahan lalu berlubang dan disebut sebagai perforasi usus. Parahnya, jika usus bocor bisa tembus ke rongga perut dan sebabkan infeksi yang fatal.

Maka karena itu, jangan remehkan apa itu penyakit tipes dan selalu jaga kebersihan supaya anak selalu sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button