Hidup Sehat

Cara Atasi Kulit Kering dan Mengelupas

keluarga balitanesia pernah mengalami kulit kering dan mengelupas? Bagaimana cara atasi kulit kering dan mengelupas? kelembapan kulit akan sebabkan kulit mengelupas kering dan pecah-pecah, ada juga yang sampai berdarah lho. Untuk penyebabnya beraneka macam, dari mulai iritasi karena pakaian, sabun yang tak cocok, terlalu lama berendam di air panas dan karena jarang menggunakan pelembap.

Kita tahu jika kulit yang normal dan sehat memiliki lapisan lemak juga terasa lembap, selain itu juga terasa kenyal saat disentuh. Kemudian saat mengalami kekeringan, akhirnya kulit menjadi jauh lebih sensitif serta rentan muncul ruam dan rusak.

Bagaimana Cara Atasi Kulit Kering dan Mengelupas

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering dan gatal, di antaranya adalah :

Gunakan pelembap dengan rutin

Apabila memiliki kulit kering dan juga gatal, maka selalu menggunakan pelembap langsung setelah mandi dan mencuci muka, bahkan setelah mencuci tangan. Jenis pelembap seperti krim dan losion, mereka bertujuan untuk menjebak kelembapan yang ada di kulit supaya tidak hilang. Baiknya memilih pelembap yang ringan dan juga tidak mengandung zat iritatif, supaya menghindari iritasi pada kulit kering kita.

Kompres air es

Apabila rasa gatal kian mengganggu, maka kompres kulit kering dan gatal menggunakan perban basah atau gunakan kain yang dingin. Maksudnya supaya tak digaruk.

Lebih cermat dalam memilih sabun mandi

Jangan memilih sabun mandi dengan deodoran dan pewangi, sebab mengandung bahan-bahan yang bisa hilangkan kelembapan dari kulit dan menyebabkan kulit kering dan juga gatal. Maka karena itu, cermat dalam memilih produk sabun mandi sangat penting.

Gunakan humidifier

Jika sering beraktivitas di dalam ruangan dengan AC, maka akan menyebabkan kulit kering. Maka karena itu cobalah menggunakan humidifier di ruangan, supaya dapat membantu melembapkan udara. Bahkan alat ini juga dapat membantu mengatasi alergi kulit lho.

Kemudian, penyebab kulit gatal dan kering lainnya adalah lingkungan yang kotor. Karena banyaknya debu dan serangga kecil yang menggigit tubuh, bisa menyebabkan kulit kering dan gatal. Untuk mencegahnya tidak hanya menjaga kebersihan tubuh saja, namun juga menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button