Hidup Sehat

Cara Cegah Gula Darah Rendah

keluarga balitanesia, yang disebut gula darah rendah atau hipoglikemia merupakan kondisi saat kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh sangat rendah. Apabila kadar glukosa sangat rendah, maka otot dan sel-sel yang ada pada otak jadi kekurangan energi, akhirnya tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Jika seseorang belum makan selama beberapa jam, maka gula darah akan sangat rendah. Walau begitu, ternyata gula darah rendah malah lebih sering terjadi pada pasien dengan diabetes sebab mengonsumsi obat-obatan insulin atau juga obat antidiabetes yang mereka minum. Selain itu risiko penurunan gula darah menjadi lebih besar pada penderita diabetes apabila berolahraga lebih berat dibanding biasanya, makan yang lebih sedikit dibanding kemarin, bisa juga karena diet yang terlalu ketat dan juga minum minuman keras.

Cegah Gula Darah Rendah

Untuk yang rentan terserang hipoglikemia, atau juga para penderita diabetes yang begitu ingin menghindari gula darah rendah, di bawah ini beberapa cara berikut ini dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kondisi yang satu ini

Periksakan kadar gula darah secara teratur

Baiknya rajin-rajinlah memeriksa kadar gula darah dengan sesuai anjuran dari dokter. Bisa melakukan pemeriksaan gula darah sendiri dengan menggunakan glukometer atau alat pengukur gula darah. Pastikan mempelajari cara penggunaannya sesuai petunjuk pemakaiannya,

Atur pola makan

Biasakan usahakan untuk mengatur jadwal makan menjadi tiga kali makan besar, kemudian diselingi dengan makanan ringan. Biasakan atur jadwal makan supayar berselang empat atau lima jam sekali, perhatikan jangan pernah melewatkan waktu makannya. Boleh juga untuk mengganti kalori yang terbuang apabila kita merasa telah beraktivitas lebih banyak daripada biasanya supaya kalori dalam tubuh sesuai kebutuhan.

Menu makanan yang seimbang

Sebab mengonsumsi menu makan seimbang nyatanya dapat membantu kita mencegah gula darah rendah. Maka pastikan untuk mencukupi asupan protein, misalnya seperti daging ayam tanpa kulit, telur, ikan, tahu dan tempe serta kacang kedelai. Mereka mengandung protein yang mampu membantu menjaga gula bertahan lebih lama selama diserap oleh tubuh kita.

Sediakan snack

Yuk siapkan makanan ringan yang mengandung karbohidrat dan protein juga di kantor, dalam rumah, atau sekadar di perjalanan. Konsumsi makanan ringan atau camilan dapat membantu mencegah gula darah rendah juga.

Patuh pada dokter

Untuk yang menderita diabetes sangat disarankan supaya selalu mematuhi petunjuk dokter, salah satunya mengonsumsi obat-obat antidiabetes ya, dan termasuk insulin.

Supaya bisa mengendalikan kadar gula darah demi menghindari gula darah rendah, sangat membutuhkan kedisiplinan, yang paling penting adalah mengatur pola makan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button