Hidup Sehat

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Sehat

Siapa yang tak ingin punya wajah putih dan cerah. Terlebih putih yang nampak alami dan sehat. Tidak hanya perempuan tapi laki-laki pun pasti ingin memiliki kulit yang putih bersih dan sehat. Kulit putih bisa didapatkan dari faktor gen atau keturunan. Bisa juga didapatkan melalui perawatan rutin yang dijalankan. Adapun kulit asli dari orang Indonesia adalah cokelat sawo matang namun ada juga yang berkulit putih tergantung dari gen mereka masing-masing.

Meskipun kulit tidak putih, namun kita harus merawatnya dengan rutin. Tujuannya adalah untuk memiliki kulit yang sehat dan bersih. Namun ada beberapa cara dan bahan alami yang bisa anda coba untuk mendapatkan kulit putih bersih dan sehat secara alami.

Bahan alami kerap dipilih karena lebih mudah didapat. Dengan bahan-bahan yang ada di sekitar anda , maka anda sudah bisa melakukan perawatan kulit. Terlebih bahan alami lebih murah, tentu saja aman jika digunakan dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Berikut beberapa tips memutihkan kulit secara alami dengan bahan-bahan yang mudah didapat :

  1. jeruk nipis

Jeruk nipis kerap kali digunakan sebagai bahan masakan ataupun bahan minuman. Tapi tahukah anda bahwa jeruk nipis bisa juga digunakan untuk mencerahkan kulit? Kandungan vitamin C nya mampu menangkal radikal bebas sehingga membuat kulit lebih sehat. Cara memutihkan kulit dengan menggunakan jeruk nipis sangatlah mudah. Anda cukup membelah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu oleskanlah pada wajah atau bagian kulit lain secara merata. Diamkan selama 30 menit kemudian bilaslah dengan air.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi secara rutin selama 2-3 kali seminggu . Namun perlu anda perhatikan jika memiliki kulit yang sensitif untuk tidak terlalu sering menggunakan jeruk nipis karena bisa membuat kulit iritasi.

2. Lemon

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit secara alami masih sepersepupuan dengan jeruk nipis yaitu jeruk lemon. Jeruk lemon kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga sangat bagus untuk kesehatan kulit. Selain itu, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas. Jika anda jeli, banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan lemon sebagai bahan baku utamanya karena memang lemon memiliki banyak khasiat untuk kulit.

Cara menggunakan lemon sebagai pencerah kulit adalah dengan memeras lemon kemudian tempelkan pada kapas. Setelah itu, letakkan kapas di wajah anda secara merata dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat bersih. Setelah rutin melakukan masker air lemon, kulit anda akan terasa lebih cerah karena lemon merupakan bahan bleaching alami untuk kulit.

3. Jeruk

Jeruk yang biasa anda konsumsi untuk cemilan atau dibuat jus ternyata bisa juga digunakan sebagai pencerah kulit lho. Selain daging buahnya yang enak namun jeruk juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit dan membuat kulit lebih kencang. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu memeras buah jeruk kemudian mengoleskan air perasannya pada wajah. Gunakanlah kapas agar lebih mudah mengaplikasikannya. Lakukan rutin setiap hari dan rasakan khasiatnya. Kulit jadi lebih cerah dan lebih sehat.

4. Kulit Jeruk

Ternyata jeruk memang memiliki segudang manfaat ya. Selain perasan airnya, ternyata kulit jeruk juga memiliki khasiat yang tak kalah hebatnya. Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak. Namun sulit untuk dimakan bukan? Maka dari itu untuk memanfaatkannya anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai masker wajah . Prosesnya memang agak lama namun hasilnya tentu sepadan dengan perjuangannya . Selain menikmati manisnya buah jeruk, anda juga  tetap mendapat khasiat dari kulitnya. Cara membuat masker dari kulit jeruk adalah jemur kulit jeruk hingg benar-benar kering. Setelah itu tumbuk sampai halus. Setelah itu anda bisa menggunakannya sebagai masker dengan cara dicampurkan dengan air sampai berbentuk pasta. Gunakanlah kuas untuk mengaplikasikannya. Rasakan senasi kulit yang lebih halus dan sehat dengan masker kulit jeeuk yang kaya akan vitamin C. Kadar antioksidannya yang tinggi memberikan banyak manfaat dan membantu meregenerasi kulit anda.

5. lidah buaya

Tak asing lagi kan dengan tumbuhan yang satu ini? Ya, lidah buaya memang kaya akan manfaat. Selain bisa untuk obat, lidah buaya juga bisa dikonsumsi lho. Banyak olahan lidah buaya yang banyak diminati masyarakat. Tapi tahukah anda bahwa lidah buaya juga berkhasiat untuk memutihkan kulit? Lidah buaya mengandung aleosin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin (zat yang menyebabkan wajah menjadi gelap). Maka dari itu, rutinlah bermasker lidah buaya agar mendapatkan kulit putih sehat bersih .

Cara menggunakan masker lidah buaya gampang saja, cukup ambil gel di bagian tengah lidah buaya lalu oleskan secara merata pada wajah anda. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Selain memutihkan, masker lidah buaya juga memberikan efek sejuk pada kulit anda.

Bagaimana, mudahkan melakukan perawatan dengan bahan alami? Maka dari itu, memiliki wajah putih dan bersih serta sehat kini bukan lagi sebuah impian. Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button