Hidup Sehat

Cara Menahan Nafsu Makan Saat Diet

keluarga balitanesia, bagaimana cara menahan nafsu makan saat diet? memang setiap orang memiliki nafsu makan yang berbeda. Bisa jadi ada yang mudah mengendalikan nafsu makan, ada juga yang kesulitan menahan. Ketahuilah bahwa hal ini dapat dipengaruhi oleh metabolisme, juga karena aktivitas harian yang biasa dilakukan.

Karena nafsu makan yang sulit dikendalikan, kelak membuat seseorang ngemil atau makan secara berlebihan. Jika dibiarkan terus menerus, maka hal tersebut berakibat pada meningkatnya berat badan sampai overweight.

Menahan Nafsu Makan

Memiliki berat badan berlebih bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan, maka karena itu kita harus tahu cara menahan nafsu makan supaya diet bisa sukses. Apa saja?

Memperbanyak konsumsi serat

Serat ini bukan hanya baik untuk pencernaan kita, namun juga mengenyangkan perut lebih lama dibanding jenis nutrisi lainnya. Sangat cocok untuk yang ingin menahan nafsu makan. Contohnya adalah gandum, buah dan sayur, agar-agar dan lain sebagainya.

Makan dengan pelan-pelan

Ketahuilah bahwa untuk mendapatkan sensasi rasa kenyang, tubuh butuh waktu selama 20 menit. Jadi jika ingin diet menurunkan berat badan, dan menahan nafsu makan, baiknya makan dengan perlahan. Sehingga otak bisa menangkap sinyal bahwa tubuh sudah kenyang, sehingga bisa mendapatkan kalori yang cukup tanpa merasa tetap lapar.

Minum air putih yang banyak

Apabila kita membiasakan diri untuk minum air putih, maka akan mengurangi rasa lapar dan tak ingin ngemil lagi. Selain itu kondisi air putih mencegah tubuh dari terkena dehidrasi, berat badan pun tak akan bertambah walau minum air putih banyak-banyak, sebab nol kalori.

Harus sarapan

Banyak yang mengira jika melewatkan sarapan akan membantu mengurangi berat badan, padahal kenyataannya malah membuat kita jadi balas dendam saat makan siang. Konsumsi sarapan sehat supaya mendapatkan nutrisi yang cukup untuk beraktivitas.

Harus berolahraga secara teratur

Ketika tubuh sedang menjalankan aktivitas fisik, maka nafsu makan akan meningkat. Tetapi jika dilakukan terus menerus, maka olahraga atau aktivitas fisik lainnya akan membantu untuk menahan nafsu makan.
Saat tubuh baru menjalani aktivitas fisik atau olahraga, maka biasa nafsu makan memang sedikit meningkat.

BALITANESIA adalah media parenting yang berisi konten keluarga tentang anak, kesehatan, finansial, resep dan memes lucu untuk millennial parents di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button