Hidup Sehat

Cara Mengobati Bronkitis Kronis

keluarga balitanesia pasti tahu, jika penyakit Bronkitis sangat menyiksa penderitanya. Yang disebut Bronkitis kronis adalah sebuah peradangan yang terjadi dalam saluran bronkus di paru-paru. Terjadi pada waktu yang lama sehingga masuk ke dalam kondisi kronis. Cara mengobati bronkitis kronis bisa dilakukan.

Gejala yang dirasakan penderita bronkitis adalah batuk berdahak, dada sesak, sesak napas dan mengi. Kemudian jika bronkitis semakin parahmaka pasien akan mengalami beberapa gejala tambahan seperti demam, dan kelelahan, serta hidung tersumbat yang sebabkan gangguan pernapasan.

Beragam Cara Mengobati Bronkitis Kronis

Ada beberapa cara mengobati bronkitis kronis, dan untuk meringankan kondisi penderita bronkitis kronis, yaitu :

Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok adalah salah satu faktor yang meningkatkan risiko bronkitis kronis. Bahkan sekitar 9 dari 10 orang terkena bronkitis kronis karena terpapar oleh asap rokok atau perokok akut. Jika perokok mengalami batuk yang berlangsung lama, bisa saja merupakan pertanda paru-paru mengalami kerusakan lho. Hanya saja kerusakan yang terjadi nyatanya kemungkinan tidak bisa disembuhkan seratus persen.

Olahraga Teratur

Banyak keuntungan melakukan olahraga secara teratur, salah satunya memperkuat otot-otot dalam proses pernapasan. Apabila ingin melakukan olahraga khusus supaya bisa memperbaiki kualitas paru-paru, lakukan program rehabilitasi paru saja. Jadi latihan ini melibatkan fisioterapis.

Kelembapan Ruangan

Sesak napas biasa dialami penderita bronkitis kronis, oleh karena itu jadikan suhu ruangan rumah lebih nyaman. Misalnya adalah dengan menggunakan pelembap ruangan atau humidifier, khususnya di kamar tidur. Kemusian pastikan juga mesin pelembap ruangan yang digunakan itu selalu dibersihkan secara rutin ya.

Upayakan Waktu Cukup untuk Istirahat

Sebab penderita bronkitis kronis memang membutuhkan lebih banyak tenaga untuk bernapas. Umumnya sampai menghabiskan energi 10 kali lipat lebih banyak jika dibandingkan orang yang memiliki paru-paru sehat lho. Itulah kenapa perlu mencukupi istirahat, supaya ia tetap sehat dan terhindar dari kelelahan juga.

Jagalah Berat Badan Tetap Ideal

Jangan sampai kelebihan berat badan sebab membuat seseorang kesulitan bergerak, juga sesak napas. Bagi penderita bronkitis kronis, jangan sampai terlalu kurus juga. Biasakan mengonsumsi makanan yang sehat, contoh seperti buah-buahan, daging rendah lemak, sayur-sayuran, produk olahan susu dan supaya memiliki berat badan ideal.

Itulah beberapa cara mengobati bronkitis kronis, dan selain yang disebutkan di atas, hindari paparan polusi. Biasakan menjalani pola hidup yang sehat, ya! Juga jaga kebersihan ruangan sekitar. Segera konsultasi ke dokter apabila keluhan terus berlanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button