Tips Sehat

Cara Menjaga Kolesterol Normal Dengan Santan

keluarga balitanesia, cara menjaga kolesterol normal tidak sulit, lho! Bahkan bisa kita lakukan dengan konsumsi santan. Tentu saja dalam kadar yang wajar dan beberapa syarat lainnya. Tidak banyak yang tahu jika sebenarnya santan malah bagus untuk menjaga kadar kolesterol baik, asalkan kita mengikuti beberapa syarat dan ketentuan konsumsinya.

Sekalipun santan mengandung lemak yang cukup tinggi kadarnya, namun jenis lemak yang terkandung pada santan merupakan lemak nabati. Lemak nabati tergolong sehat dan tak mengandung kolesterol jahat. Bahkan kadar antioksidan dan vitamin B dalam santan terbilang tinggi lho.

Cara Menjaga Kolesterol Normal Adalah Manfaat Santan untuk Kesehatan

Dengan adanya kandungan nutrisi yang begitu banyak, tentu saja manfaatnya bagi kesehatan sangat banyak. Yang pertama adalah untuk menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh. Cara menjaga kolesterol normal bagi kita adalah dengan mengonsumsinya dalam kadar yang wajar, secukupnya. Orang umumnya menganggap bahwa santan bisa meningkatkan kolesterol jahat, padahal itu tidak benar. Santan bermanfaat menjaga kadar kolesterol baik, berkat adanya zat asam laurat dan kandungan lemak sehatnya.

Dengan mengonsumsi santan, maka tubuh bisa terhindar dari penyakit kardiovaskular, contohnya seperti stroke dan juga serangan jantung. Kemudian untuk memperoleh manfaat santan, baiknya hindari mengonsumsi santan dengan tambahan gula atau dengan makanan tinggi kolesterol ya. Contohnya santan dengan jeroan, daging berlemak dan sejenisnya.

Tak hanya itu saja, ada manfaat lain dari santan yaitu :

Menjaga Berat Badan

Ternyata santan mengandung lemak sehat yang disebut medium-chain triglycerides, yang dalam penelitian tercantum bahwa dapat mengurangi nafsu makan. Juga meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh kita. Maka karena itu, konsumsi santan ternyata bisa menjaga berat badan kita. Supaya bisa mendapatkan manfaatnya, pastikan mengonsumsinya dalam batas wajar. Sebab jika kita konsumsi dalam jumlah besar, tetap saja menyebabkan naik berat badan dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Untuk Memperkuat Imun

Dalam beberapa studi menunjukkan bahwa zat asam laurat yang terkandung dalam santan tak hanya dapat menjaga kadar kolesterol baik saja. namun juga mampu memperkuat daya tahan. Jika ada bersama-sama dengan kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya, maka konon mampu memperkuat sistem imun. Tubuh pun jadi lebih kuat melawan penyakit infeksi, contohnya flu. Bahkan juga bermanfaat untuk menjaga kuman baik atau probiotik dalam saluran cerna kita.

Tingkatkan Kinerja Otak

Selain menjadi cara menjaga kolesterol normal, manfaat santan lainnya untuk memelihara kesehatan otak dan juga menjaga otak berfungsi dengan baik. Dengan adanya kandungan lemak sehat MCT, protein dan antioksidan sangat penting bagi otak sebagai sumber energi.

Demikian adalah beberapa cara menjaga kolesterol normal dengan mengonsumsi santan. Pastikan kita hanya mengonsumsi santan tanpa tambahan lemak lainnya, atau jeroan, sehingga manfaatnya bisa terasa. Bila kita tak bisa mengonsumsi santan tanpa tambahan gula atau makanan berlemak lainnya, maka kolesterol tinggi akan menyerang. Maka karena itu, biasakan untuk mengonsumsinya dalam jumlah wajar. Tentu saja boleh, namun tetap harus memperhatikan jumlah kalorinya, dan seberapa sering konsumsinya. Jangan lupa imbangi dengan melakukan olahraga dan gaya hidup sehat lainnya.

adapun gaya hidup sehat yang bisa kita lakukan adalah dengan rutin olahraga, walau hanya jogging selama 15 menit atau bersepeda keliling komplek. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, hindari junk food dan juga minuman bersoda. Semoga selalu sehat dan bahagia, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button