Hidup SehatTips Sehat

Cara Menyembuhkan Sesak Napas Tiba-Tiba

Sesak napas tiba-tiba bisa saja terjadi pada siapapun, dan menjadi sinyal bahwa ada masalah kondisi tubuh kita. keluarga balitanesia tentunya harus paham dengan berbagai gejala yang muncul, supaya bisa melakukan antisipasi dengan tepat. Bagaimana cara menyembuhkan sesak napas tiba-tiba?

Ketahui dulu gejalanya, jantung berdebar, kulit memucat dan napas menjadi berat. Salah satu penyebabnya bisa karena alergi tehadap sesuatu. Jika karena alergi, tentu kita harus menghentikan alerginya terlebih dahulu.

Cara Menyembuhkan Sesak Napas

Saat sulit napas tiba-tiba, jangan panik! sebab kita bisa mengatasinya dengan beberapa metode. Adapun metode itu adalah :

Pursed Lip Breathing

Tarik napas melalui hidung, lalu embuskan perlahan lewat mulut (buat celah sempit). Maksudnya adalah untuk melambatkan laju pernapasan, membuat napas jadi lebih efektif dan dalam.

Duduk Condong ke Depan

Cara yang kedua adalah dengan duduk sambil mencondongkan tubuh ke depan. Duduk di atas sebuah kursi, kaki menyentuh lantai lalu dada dicondongkan ke depan. Siku di atas lutut, rileks, atau bisa juga pegang dagu. Yang penting otot bahu dan leher tetap rileks ya.

Senderkan Kepala ke Meja

Cara berikutnya duduk di kursi dekat meja, lalu buat jarak supaya bisa duduk nyaman. Kaki menyentuh lantai, dada menghadap ke meja. Setelah itu letakkan tangan di meja, untuk kepala bisa diletakkan di bantal atau di tangan.

Senderkan Punggung Sambil Berdiri

Jika tak ada kursi dan meja, maka bisa berdiri sambil merilekskan tubuh kita. Cari dinding terdekat, lalu senderkan punggung sampai pinggul ke dekat. Buka kaki selebar baju, lalu tangagn di paha. Usahakan bahu terasa rileks, tubuh condongkan sedikit ke depan, lalu lengan gantungkan.

Berdiri Menggunakan Lengan

Cari perabot datar seperti meja, atau tembok yang datar dan lebih rendah dari bahu. Letakkan tangan atau siku di atas perabot itu, usahakan leher tetap rileks. Kepala di lengan, bahu rilekskan.

Tidur Posisi Santai

Cobalah berbaring miring, bantal di antara kaki, posisi kepala lebih tinggi tapi punggung tetap lurus. Boleh juga berbaring telentang, kepala lebih tinggi dan lutut ditekuk. Bantal di bawah lutut ya!

Pernapasan Diafragma

Duduk di kursi, tapi lutut tertekuk. Pastikan kepala, leher dan bahu rileks. Tangan di atas perut dan tarik napas lewat hidung perlahan. Keluarkan napas sambil mengencangkan otot perut dan jika perut terasa jatuh je dalam, maka pernapasan diafragma ini sukses. Buang napas lewat mulut, bentuk mulut mengerucut.

Demikian adalah beberapa cara yang bisa keluarga balitanesia lakukan, saat sesak napas tiba-tiba. Tapi pengobatan utama dari tim medis tetap diperlukan, jika sesak napas terus berlanjut.

BALITANESIA adalah media parenting yang berisi konten keluarga tentang anak, kesehatan, finansial, resep dan memes lucu untuk millennial parents di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button