Tips Sehat

Cara Merawat Rambut Secara Alami

Rambut merupakan mahkota tak hanya bagi wanita namun juga bagi pria. Terlebih rambut yang indah dan sehat juga memberikan keindahan tersendiri bagi fisik seseorang. Tatanan dan model rambut juga sangat berpengaruh pada penampilan . Memiliki rambut yang sehat, mengkilau, wangi serta lembut merupakan dambaan semua orang. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan rambut impian dari mulai rutin perawatan ke salon hingga menggunakan produk-produk tertentu untuk menunjang kesehatan rambut.

Namun tahukah anda bahwa sejak jaman dahulu nenek moyang kita merawat rambut dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita? Dengan bahan-bahan alami, merawat rambut menjadi lebih hemat dan lebih sehat tentunya. Bebas bahan kimia serta ramah lingkungan.

Terlebih jika anda mengalami masalah dengan rambut entah itu rambut rontok, berketombe, rambut kering hingga kebotakan dini. Anda bisa mencoba beberapa bahan alami di bawah ini yang dipercaya berkhasiat untuk merawat rambut anda.

Minyak Kelapa

Bahan alami yang pertama adalah minyak kelapa. Minyak kelapa murni atau VCO memang dipercaya memiliki banyak khasiat yang sudah diakui sejak jaman dahulu. Minyak kelapa terbukti efektif menutrisi rambut secara menyeluruh. Membuat rambut lebih wangi dan lembut serta membersihkan kulit kepala. Minyak kelapa ternyata mengandung lemak tak jenuh yang berperan penting dalam melindungi kesehatan kulit kepala. Dengan begitu, kulit kepala tidak akan kekurangan protein. Cara penggunaannya cukup mudah yakni anda tinggal mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala lalu dipijat pelan-pelan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air. Anda juga bisa membuatnya menjadi masker rambut. Caranya basuhi seluruh rambut menggunakan minyak kelapa lalu tutup dengan handuk selama 30 menit. Bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin selama satu minggu sekali.

Memijat Kepala

Selain menggunakan bahan alami, cara merawat rambut yang lain adalah dengan cara memijat kulit kepala . Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau menggunakan jasa pijit profesional. Pijit kulit kepala dipercaya dapat berfungsi untuk mengembalikan pertumbuhan kulit kepala serta mempercepat pertumbuhan rambut. Untuk hasil yang lebih optimal, anda bisa memijit menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun.

Lidah Buaya

Tumbuhan satu ini tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan. Selain bisa dikonsumsi, ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Jika anda memiliki kendala rambur rusak atau kering, maka lidah buaya lah solusi yang tepat. Lidah buaya mengandung zat-zat yang penting untuk kesehatan rambut seperti kalsium, fosfor, viramin A, B1, karbohidrat, lemak dan protein.

Maka dari itu, selain bisa merawat rambut rusak lidah buaya juga mampu menghitamkan rambut dan menghaluskan rambut. Untuk pengaplikasiannya ternyata cukup mudah lho. Anda cukup mengambil bagian daging lidah buaya lalu dihaluskan. Kemudian balurkan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air mengalir.

Madu

Wah khasiat madu sudah tak perlu diragukan lagi ya. Ada banyak sekali khasiat madu bagi tubuh tak terkecuali bagi rambut anda. Madu memiliki kandungan yang penting untuk kesehatan rambut anda. Cukup oleskan madu pada helai demi helai rambut anda lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Putih Telur

Apakah anda tahu bahwa putih telur memiliki khasiat yang penting untuk kesehatan rambut? Putih telur memiliki kandungan yang baik untuk menyehatkan dan menebakan rambut. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan putih telur ke kulit kepala lalu diamkan selama beberapa menit. Bilas dengan air bersih.

Buah Jeruk

Hayo, siapa di sini yang sangat suka mengkonsumsi buah jeruk? Selain enak dan manis, buah jeruk yang kaya akan vitamin C juga berfungsi secara efektif untuk mengatasi rambut dari kerusakan. Caranya sangat mudah, anda cukup membelah jeruk menjadi dua bagian lalu oleskan irisannya pada kulit kepala. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air mengalir.

Bagaimana, bahan-bahan serta cara alami di atas sangat mudah bukan? Anda bisa melakukannya sendiri di rumah ya. Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button