Hidup Sehat

Cara Obati Luka Supaya Tidak Perih

Bagaimana cara obati luka supaya tidak perih? Merasakan rasa perih dapat berbeda-beda, hal itu tergantung jenis luka dan penyebab luka itu sendiri. Memang pada dasarnya perih muncul pada luka adalah reaksi alami tubuh melalui sistem saraf. Sebab rangsangan pada ujung-ujung serabut saraf di permukaan kulit kita.

Tak hanya karena luka itu sendiri, juga bisa disebabkan oleh peradangan pada jaringan yang ada dekat luka tersebut. Sehingga rasa perih yang dirasakan menjadi lebih parah meskipun lukanya kecil.

Kemudian faktor lain yang menyebabkan luka jadi bertambah perih adalah cara merawat luka yang salah. Itulah kenapa, pengetahuan tentang penanganan luka sangat dibutuhkan.

Bagaimana Cara Obati Luka?

Sekalipun nampak sepele dan mudah dilakukan, kenyataannya tidak semua orang tahu bagaimana cara obati luka dengan benar. Ketahuilah bahwa penanganan yang salah itu bisa menyebabkan luka malah tidak sembuh 100%. Bahkan malah muncul terus-menerus rasa perih, bahkan lebih berat dari sebelumnya. Bahkan ada risiko muncul keloid.

Supaya membantu melakukan perawatan luka, yang tidak menambah rasa perih maka lakukan hal ini :

Bersihan Luka

Biasakan mencuci tangan sebelum membersihkan luka, gunakan cairan steril yang bersifat isotonis, misalnya larutan saline (NaCl 0,9%), bisa juga air steril (aqua bidest) dengan dialirkan secara perlahan. Jika tidak memungkinkan, paling tidak gunakanlah air layak minum, contohnya air minum dalam kemasan untuk membersihkan luka kita. Setelah itu gunakan larutan antiseptik, untuk menghilangkan sebagian besar kotoran dan kuman supaya tidak masuk ke dalam luka dan sebabkan infeksi.

Kompres dengan es batu

Apabila ada bengkak dan memar di sekitar luka, gunakan handuk atau kain bersih berisi es batu untuk mengompresnya. Sebab es batu bisa membantu untuk kurangi bengkak dan memar.

Konsumsi obat pereda nyeri

Supaya bisa meredakan perih, bisa konsumsi obat anti nyeri. Tetapi harus konsultasi dulu pada dokter. Jika luka yang dialami terbilang parah, maka periksakan ke dokter. Lakukan instruksi cara obati luka dari dokter sebaik mungkin. Jika menerapkan metode perawatan yang tepat, kita bisa cepat menyembuhkan luka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button