Tips Sehat

Cara Pakai dan Kegunaan Garam Himalaya untuk Wajah

Belakangan ini masyarakat Indonesia giat beralih pola hidup menjadi pola hidup sehat. Mulai meninggkan junk food, makanan instan, serta bahan-bahan pengawet pada makanan. Termasuk mengganti bumbu dapur dengan yang lebih sehat. Salah satunya adalah penggunaan bumbu dapur garam Himalaya. Garam yang berasal dari kaki gunung Himalaya ini diklaim lebih sehat karena mengandung mineral yang lebih tinggi. Disertai dengan kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang penting bagi kesehatan tubuh.

Garam Himalaya sendiri tak hanya dikonsumsi oleh dewasa namun juga banyak anak yang mengkonsumsinya karena kandungan vitamin dan mineralny lebih banyak daripada garam dapur pada umumnya. Anda bisa mendapatkannya di berbagai toko herbal atau di toko online .

Pada umumnya, garam Himalaya bisa digunakan sebagai bumbu masak dapur seperti garam biasanya. Namun yang lebih mencengangkan ternyata garam Himalaya juga bisa digunakan sebagai perawatan wajah (skincare) . Banyak khasiat yang didapatkan jika anda rutin melakukan perawatan wajah dengan garam Himalaya. Wah, kok bisa ya?

Kandungan dalam garam Himalaya diklaim dapat memberikan efek positif pada tubuh anda. Tak hanya dari dalam, namun juga dari luar saat diaplikasikan pada kulit. Berikut beberapa kegunaan garam Himalaya untuk kesehatan wajah anda :

Mendetoks Racun

Kandungan mineral dalam garam Himalaya diklaim mampu mendetoks racun dalam kulit. Anda cukup mengambil segenggam garam himalaya lalu dilarutkan dengan air. Celupkan handuk lalu basahi dengan air garam. Usapkan pada wajah anda perlahan selama 30 menit. Proses ini membantu meregenerasi kulit wajah anda sehingga menjadi lebih sehat.

Berfungsi Sebagai Peeling

Manfaat lain dari garam Himalaya adalah berfungsi sebagai peeling atau scrub. Anda bisa mengambil sedikit bagian dari garam Himalaya lalu basahi dengan sedikit air. Usapkan pada wajah lalu gosok perlahan. Lakukan sampai dirasa cukup lalu bilas dengan air bersih.

Menyeimbangkan Ph Kulit

Beberapa produk pembersih wajah bersifat basa. Sedangkan Ph kulit tubuh itu bersifat asam. Itulah mengapa untuk menyeimbangkannya dibutuhkan garam Himalaya yang bisa membantu menyeimbangkan Ph kulit. Caranya anda cukup campurkan sedikit garam Himalaya ke dalam produk pembersih wajah anda.

Sebagai Toner Wajah

Kegunaan lainnya adalah sebagai toner wajah. Cara penggunaanya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh garam Himalaya, setengah sendok teh minyak kelapa, dua tetes minyak lemon, setengah gelas air putih lalu masukan ke dalam botol. Untuk penggunaannya, tuang toner pada kapas lalu usapkan pada wajah secara merata.

Mengatasi Jerawat

Garam Himalaya memiliki sifat antiseptik alami dan antibakteri yang dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Kandungan magnesium, antiinflamasi, antimikroba, serta zinz berfungsi untuk membantu melawan peradangan pada kulit akibat jerawat.

Adapun cara penggunaannya adalah siapkan botol spray lalu masukan setengah sendok teh garam Himalaya, setengah gelas air mineral lalu kocok sampai merata. Semprotkan pada wajah secara rutin dan merata sampai jerawat sembuh.

Itulah beberapa kegunaan dan cara pakai garam Himalaya untuk kesehatan dan kecantikan wajah anda. Gunakan garam Himalaya secukupnya dan jangan berlebihan. Hentikan penggunaan bila muncul gejala alergi . Jangan lupa, konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk meunjang kesehatan kulit wajah anda. Semoga artikel di atas membantu bagi anda yang berniat menggunakan garam Himalaya sebagai perawatan wajah anda. Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button