Tips Diet

Diet yang Paling Aman untuk Ibu Menyusui

keluarga balitanesia, hamil, melahirkan, kemudian menyusui tentu saja merupakan momen yang sangat indah bagi semua perempuan di dunia ini. Meskipun dengan perjuangan yang luar biasa namun semua sangat indah rasanya . Perjuangan seorang ibu tak sampai di situ saja, namun ada banyak hal lain yang dikorbankan selain waktu dan tenaga. Yakni bentuk tubuh.

Setelah melahirkan, bentuk tubuh tentu saja berubah tak seperti dahulu lagi banyak kaum perempuan yang kaget dengan perubahan fisiknya setelah melahirkan. Tubuh menjadi lebih berisi tak seramping dulu. Terlebih jika menyusui secara eksklusif, bentuk tubuh akan menyesuaikan dengan kebutuhan ASI si kecil.

Tak sedikit ibu-ibu yang berharap memiliki tubuh seperti jaman gadis. Meskipun sulit, namun hal tersebut bukanlah mustahil. Anda tetap bisa memiliki tubuh ramping seperti gadis dengan melakukan diet sehat . Diet sehat bertujuan untuk mengatur pola makan menjadi lebih sehat dan teratur namun tentu tidak boleh mangganggu produksi ASI bagi si kecil.

Diet yang dilakukan harus tetap memperhatikan asupan gizi mengingat peoduksi ASI juga dipengaruhi dari makanan apa yang dikonsumsi si ibu. Jika ibu diet terlalu keras ditakutkan akan mempengaruhi produksi ASI. Maka lajukanlah diet sehat di bawah pengawasan dokter dan ahlinya yam

Namun anda juga tetap bisa diet dan menurunkan berat badan dengan cars yang sederhana. Berikut beberapa tips menurunkan berat badan secara aman dan sehat bagi ibu menyusui yang berhasil kami rangkum :

Berikan ASI Eksklusif

Cara pertama ini sangat mudah dan pastinya aman dilakukan. Yakni berikanlah ASI eksklusif pada si kecil . 6 bulan pertama si kecil, ibu memberikan ASI eksklusif pada bayi. Saat inilah secara alamiah berat badan ibu akan turun seiring berjalannya waktu . Dengan memberikan ASI, seluruh zar termasuk lemak akan dibawa ASI dan ditransferkan pada bayi sehingga menyusui secara intensif dapat membantu menurunkan berat badan secara alami sekitar 0,5-0,8 kilo setiap bulannya. Wah sangat membantu sekali ya karena secara alamiah berat badan akan turun sendiri.

Makan Sehat

Salah satu diet sehat yang harus diperhatikan oleh ibu menyusui adalah konsumsi makanan yang sehat. Ibu menyusui memang harus mengkonsumsi makanan yang cukup namun tetap harus sehat . Karena apa yang ibu makan, akan mempengaruhi gizi dan nutrisi yang terserap oleh anak.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat, ibu menyusui akan mendapatkan nutrisi penting dan juga dapat mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Perbanyak sayur dan buah, daging, susu, serta kurangi makanan instan, MSG, serta makanan berminyak. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, berat badan ibu menyusui akan turun perlahan seiring berjalannya waktu.

Dengan diet seperti ini, ibu tetap bisa makan enak dan banyak namun dalam kualitas yang lebih sehat. Produksi ASI pun akan tetap lancar dan tidak terganggu oleh proses diet ibu. Variasikan karbohidrat, protein, lemak dan buah agar tidak jenuh saat dikonsumsi. Ibu menyusui juga bisa mengkonsumsi cemilan sehat yang dibuat sendiri . Lebih sehat dan tentunya tidak membuat gemuk.

Atur Porsi Makan dan Pola Makan

Selama ini santer beredar issu bahwa ibu menyusui harus makan dengan porsi jumbo. Hal ini dikarenakan nutrisi diserap oleh ASI . Namun hal itu tidak tepat . Ibu menyusui tidak perlu makan dalam porsi jumbo, namun makanlah dalam porsi yang seimbang. Seimbang dengan komposisi karbohidrat, protein nabati, protein hewani, sayur dan buah yang cukup.

Anda juga bisa makan dalam porsi kecil namun dalam intensitas yang sering sehingga minim kemungkinan terserang maag. Dengan begitu, ibu menyusui juga bisa diet secara perlahan dengan cara mengatur pola makan. Jika sejak awal makan dalam porsi besar maka akan sulit menghentikan kebiasaan tersebut
Maka, makanlah dalam jumlah yang normal namun tetap perhitungkan kuantitas isi piring ya. Beberapa jenis makanan sehat yang bisa anda konsumsi antara lain beras merah, daging tanpa lemak, buah-buahan, kacang dan biji-bijian, susu rendah lemak, telur, ikan salmon, roti gandum, sereal, serta sayuran.

Tak lupa, perhatikan cara penyajiannya. Hindari makanan berminyak karena minyak bisa membuat diet anda berantakan. Jika biasanya hobi makanan yang digoreng, bisa diganti dengan direbus, Sebab, makanan yang direbus bisa mengurangi jumlah kalori yang terdapat dalam minyak.

Olahraga Ringan

Selama hamil, ibu kerap kali melewatkan olahraga dengan alasan keselamatan si kecil di dalam perut. Ketika melahirkan, anda bisa memulai olahraga lagi untuk kebugaran tubuh. Selain menjaga kesehatan, olahraga selama masa menyusui bisa membantu mengurangi berat badan berlebih.

Olahraga ringan bisa dilakukan dengan memperhatikan kondisi tubuh yang masih masa recovery. Anda bisa melakukan diet sembari menyusui si kecil. Yang terpenting konsisten agar tubuh terbiasa dengan gaya hidup sehat seperti makan makanan sehat dan olahraga. Bonusnya, tubuh akan kembali seperti jaman gadis.

Adapun olahraga yang bisa anda lakukan adalah bersepeda, jogging, yoga, atau zumba. Namun tetap perhatikan kondisi tubuh ya . Terlebih bagi ibu yang melahirkan secara secar, penting untung berkonsultasi dengan dokter olahraga apa yang aman untuk luka secar yang belum sembuh.
Bagaimana, mudah bukan berdiet selama masa menyusui? Bentuk badan ideal bukan lagi impian, karena menyusui pun bisa berdiet dengan sehat . Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button