Hidup Sehat

Efek Samping Diet Keto yang Harus Diketahui

keluarga balitanesia, sudah pernah dengat diet keto? Manfaat diet keto yang sudah terbukti adalah mengurangi kejang-kejang pada penderita epilepsi. Selain itu mengurangi kadar HbA1c pada penderita diabetes tipe 2, juga mampu membantu menjaga stabilitas mood bagi para penderita gangguan bipolar. Selain itu juga menurunkan kolestrol pada penderita kelebihan berat badan. Walau begitu, ada efek samping diet keto yang mengundang kritik. Misalnya adalah :

Muncul efek samping seperti gejala flu

Mereka yang baru saja memulai diet ini bisa jadi mengalami gejala seperti flu. Contohnya sakit kepala, dan kelelahan, juga nyeri otot. Bahkan beberapa orang yang menjalani diet keto pun bisa mengalami mual dan sulit tidur juga susah konsentrasi.

Bau mulut

Efek samping diet keto lainnya adalah bau mulut. Itu disebabkan aseton, yakni zat serupa keton yang merupakan produk sampingan dari metabolisme lemak. Kita bisa saja mencium aroma aseton yang mirip pembersih cairan kutek saat awal menjalani diet ini.

Bisa memperparah penyakit ginjal

Karena diet keto adalah membatasi asupan karbohidrat, jadi menggantinya dengan protein dan lemak saja. Maka melakukan diet tinggi protein ini akan memperberat kerja ginjal, sehingga memperparah kondisi sakit ginjal pada beberapa kasus. Bahkan juga beberapa ahli memiliki pendapat jika diet tinggi protein akan membuat batu ginjal semakin buruk lho.

Menyebabkan osteoporosis

Ternyata melakukan diet tinggi protein akan membuat jumlah kalsium yang terbuang saat kencing lebih banyak daripada biasa. Bahkan para ahli berpendapat, jika kondisi tersebut akan meningkatkan risiko osteoporosis juga. Walau demikian hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi.

Mengalami gangguan pencernaan

Ternyata adanya perubahan pola makan juga bisa memicu gangguan pencernaan kita. Untuk diet keto sendiri, susah buang air besar adalah gangguan pencernaan yang paling sering terjadi. Sebab tidak cukupnya konsumsi serat dan juga kurang minum. Tetapi sebagian orang juga mungkin mengalami mencret walau tak sering. Yang jelas, rasa lapar dan lemas bisa terasa karena karbohidrat yang disantap hanya sedikit.

Mengalami kram otot

Kram otot menjadi efek samping diet keto lainnya. Disebabkan oleh kehilangan mineral dan dehidrasi juga. Pada saat menjalani diet keto, maka asupan protein juga meningkat secara otomatis. Bahkan pola makan tinggi protein ini memiliki risiko bisa meningkatkan kadar asam urat. Serta bisa menyebabkan nyeri sendi dan otot juga.

Jantung berdenyut lebih cepat

Tak hanya yang disebutkan di atas, efek samping diet keto lainnya yakni terjadi peningkatan denyut jantung. Karena dehidrasi dan asupan garam yang sangat rendah, itulah penyebabnya.

Ketoasidosis

Yang dimaksud dengan ketoasidosis diabetik adalah sebuah kondisi berbahaya saat kadar keton di dalam darah sangat tinggi. Hal itu bisa membuat pH darah turun dan menjadi asam. Kondisi ini bisa menyebabkan koma, sampai mengancam jiwa. Mereka dengan diabetes memiliki risiko mengalami hal ini. Gejalanya adalah mulut terasa kering dan sering haus. Mual mual dan muntah juga nyeri perut. linglung, kelelahan dan lemas, sesak napas dan aroma napas seperti buah. Jika mengalami gejala ini, maka baiknya segera konsultasi ke dokter

Bagaimana Cara Meminimalkan Efek Samping Diet Keto

SUpaya bisa meminimalkan efek samping diet keto, maka di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba :

Perbanyak minum air putih

Pada saat menjalani diet keto, maka imbangi dengan minum air putih paling tidak dua liter per harinya. Supaya bisa mencegah dehidrasi, khususnya saat awal dilakukan diet.

Mengurangi karbohidrat secara bertahap

Supaya bisa memudahkan transisi, maka baiknya kurangi karbohidrat secara bertahap dulu. Supaya tubuh jadi terbiasa dan tidak mengalami efek samping diet keto. Sebab tubuh mengalami perubahan metabolisme secara perlahan.

Jagalah asupan mineral

Dengan memangkas karbohidrat dalam menu diet harian, tak berarti abai akan nutrisi lainnya. Mineral contohnya dan penuhi kebutuhan kalium dan magnesium lewat buah pisang. Keduanya mampu atasi kram otot yang bisa terjadi.

Konsumsilah garam dengan cukup

Karena sejumlah garam berasal dari karbohidrat, maka saat asupan karbo dikurangi, maka bubuhkan garam pada makanan yang akan disantap.

Jangan olahraga terlalu berat

Ketika memulai diet, maka rasa lemas mungkin dirasakan. Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat ya.

Memperbanyak serat

Dengan mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan sekaligus tinggi serat. Contohnya kacang-kacangan, biji bijian dan buah dan sayuran yang mengandung karbohidrat rendah.

Karena banyak sekali efek samping diet keto ini, maka tak dianjurkan dilakukan dalam jangka yang panjang atau seumur hidup. Apalagi jika hanya untuk turunkan berat badan. Memang diklaim mampu menurunkan berat badan dalam tempo cepat. Tetapi yang turun bukan massa lemak, juga bukan massa otot, melainkan kadar air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button