Hidup Sehat

Habbatussauda, Obat Segala Penyakit

Keluarga Balitanesia, pasti pernah mendengar perihal Habbatussauda alias Jintan Hitam, bukan? Black Seed ini sudah lama digunakan sebagai obat herbal yang serbaguna. Bahkan sudah ada penelitian yang menyebut bahwa Habbatussauda adalah obat segala penyakit.

Dalam bahasa latin, disebut sebagai Nigella sativa dan biasa diolah untuk dijadikan bumbu macam-macam masakan, namun juga bisa diambil ekstraknya. Dahulu kala, habbatussauda ini berguna untuk menangani berbagai penyakit dan juga memang dipercaya memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Habbatussauda yang Luar Biasa

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan manfaat pengobatan yang dimiliki habbatussauda. Di antaranya untuk membantu pengobatan diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dan kanker.

Tak hanya itu saja, sebab jintan hitam juga di dalamnya mengandung efek diuretik, antibakteri, antiperadangan, analgesik dan juga bisa memperkuat kekebalan tubuh. Habbatussauda sangat baik bagi kesehatan organ ginjal, juga lambung, bahkan hati. Semua manfaat yang disebut berasal dari thymoquinone (TQ) yang memang ada di dalam habbatussauda itu sendiri.

Lantas apa saja manfaat kesehatan dari habbatussauda?

Untuk Hipertensi

Salah satu manfaat habbatussauda untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam sebuah studi, terlihat bahwa adanya penurunan tekanan darah pada subjek yang diteliti, karena mengonsumsi ekstrak habbatussauda selama delapan minggu lamanya. Namun tentu saja, efektivitas dan keamanan obat herba ini lebih lanjut secara klinis belum diketahui dengan pasti.

Untuk Kolesterol Tinggi

Tubuh memang membutuhkan kolesterol, tapi jika berlebihan maka dapat meningkatkan risiko terjadinya aneka jenis penyakit. Contohnya seperti stroke dan juga penyakit jantung. Bahkan beberapa studi juga menunjukkan bahwa konsumsi jintan hitam teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, bahkan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Untuk Menjaga Kadar Gula Darah Normal

Salah satu tanda diabetes adalah kadar gula darah yang tinggi, dan sering haus, mengantuk, kelelahan adalah salah satu cirinya. Jika diabetes tidak diobati akan mengakibatkan kerusakan saraf, terjadi gangguan penglihatan, bahkan juga melambatnya penyembuhan luka dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi jintan hitam selama beberapa minggu, hasilnya terlihat berkurangnya kadar gula darah dan juga resistensi insulin. Jadi memang efek habbatussauda ini diduga cukup baik untuk penyakit diabetes, walau masih dibutuhkan uji coba klinis yang lebih mendalam.

Demikian adalah beberapa macam manfaat habbatussauda untuk tubuh kita. Melihat banyaknya khasiat yang bisa dirasakan. maka kita bisa menyebut bahwa jintan hitam adalah obat segala penyakit.

Beberapa penyakit sudah teruji klinis bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jintan hitam. Tetapi sisanya masih membutuhkan uji klinis yang lebih mendalam. Walau demikian, untuk keluarga balitanesia dibutuhkan konsumsi habbatussauda secara rutin untuk pencegahan penyakit.

BALITANESIA adalah media parenting yang berisi konten keluarga tentang anak, kesehatan, finansial, resep dan memes lucu untuk millennial parents di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button