Hidup Sehat

Hand Sanitizer untuk Bayi Apakah Aman?

Keluarga balitanesia, pasti sekarang memiliki hand sanitizer sendiri di rumah, kan? Apalagi jika masih harus sering keluar rumah, membuat benda yang satu ini sangat penting. Hand sanitizer ini bahannya dari alkohol, ada yang bentuknya gel dan ada yang cair. Semua orang bisa menggunakan hand sanitizer, tapi hand sanitizer untuk bayi memangnya boleh?

Hand sanitizer dipilih untuk membersihkan tangan dari kuman dan bakteri, jika tak sempat cuci tangan. Kandungan alkohol di dalamnya bisa membuat kuman dan virus mati. Sehingga dianjurkan jika jauh dari air mengalir.

Bolehkah Hand Sanitizer untuk Bayi?

Kita semua tahu jika infeksi Covid 19 bisa menular secara tak langsung. Contohnya jika kita memegang benda yang terkontaminasi droplet penderita Covid 19, lalu menyentuh hidung mata dan mulut tanpa cuci tangan. Maka kita berisiko terinfeksi virus itu.

Lalu bagaimana dengan bayi dan balita? Mereka senang memegang barang dan langsung memasukkannya pada mulut. Ternyata hand sanitizer untuk bayi harus dihindari, ya! Karena kulit bayi sangat sensitif. Mereka tidak bisa sembarangan bersentuhan dengan bahan kimia, apapun itu.

Alkohol yang ada di dalam hand sanitizer itu bisa sebabkan iritasi, apalagi pada bayi. Bahkan adanya alkohol dalamnya bisa mengeringkan kulit. Jika kulit menjadi kering, maka muncul gatal-gatal, infeksi dan alergi. Ditambah lagi, karena kulitnya masih tipis maka alkohol bisa terserap ke darah si kecil!

Bagaimana Cara Membersihkan Tangan Bayi

Jika ingin membersihkan tangan bayi atau balita, lebih baik gunakan sabun yang khusus untuk bayi. Namun jika sedang tak ada sabun khusus bayi, maka gunakan tisu basah khusus bayi. Tak hanya menjaga kebersihan tangannya, namun lakukan hal ini juga untuk menghindarkan anak dari virus:

Berikan ASI yang cukup supaya daya tahan tubuhnya terjaga

Jika sudah MPASI, berikan gizi yang seimbang dibarengi dengan ASI

Sebelum menyentuh bayi, cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Bahkan saat akan menyusui, menyiapkan makanan dan mengganti popoknya.

Jangan bawa bayi ke tempat yang ramai seperti mall atau pasar

Jika sedang batuk dan pilek, pakai masker ya!

Usahakan menjauhkan bayi dari orang yang sedang sakit

Hand sanitizer memang efektif untuk membersihkan tangan dari berbagai kuman penyebab penyakit, juga termasuk Corona. Hanya saja untuk bayi baiknya dihindari, sebab  bisa menyebabkan gangguan pada kulit mereka.

Selalu terapkan kebiasaan hidup bersih, ya! Sebelum dan sesudah beraktivitas harus cuci tangan dengan sabun, gunakan air mengalir. Biasakan makan dan minum yang sehat, juga rutin untuk melakukan olahraga minimal setengah jam sehari. Jaga keluarga balitanesia selalu, jangan sampai sakit karena keteledoran kita dalam lalai melakukan gaya hidup sehat.

BALITANESIA adalah media parenting yang berisi konten keluarga tentang anak, kesehatan, finansial, resep dan memes lucu untuk millennial parents di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button