Hidup SehatTips Sehat

Jenis Makanan untuk Pasien Pasca Operasi

Keluarga balitanesia, apakah ada yang baru selesai dioperasi? Ketahui jenis makanan untuk pasien pasca operasi, supaya bisa mempercepat penyembuhan.

Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Luka

Berikut adalah beberapa macam makanan yang bisa menyembuhkan luka, dengan lebih cepat. Silahkan disimak :

Macam-Macam Buah

Makanan pasca operasi yang pertama adalah buah-buahan. Sebab di dalam buah terkandung zat yang sangat baik untuk tubuh, yaitu antioksidan.  Antioksidan bisa menangkal radikal bebas dan juga racun.

Bagi pasien pasca operasi, tentu hal ini sangat dibutuhkan supaya lekas sembuh. Beberapa buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi, misalnya kurma, jeruk, manggis dan kiwi.

Tak hanya mengandung antioksidan, namun juga mengandung vitamin C. Sehingga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka jahit, memproduksi kolagen dan perbaikan jaringan lunak.

Macam-Macam Sayuran

Sayuran memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, apalagi untuk penyembuhan paska operasi. Beberapa jenis sayur yang disarankanseperti brokoli, kecambah, bunga kol, kentang dan wortel.

Jenis sayuran yang disebutkan bisa menjadi sumber karbohidrat, yang bisa mengatasi lelah setelah pulang dari RS. Tak hanya jadi energi fisik saja, namun juga untuk otak.

Makan sayur bisa menghindarkan dari kerusakan otak, juga bisa memenuhi kebutuhan serat sehingga pencernaan lancar.

Lemak Sehat

Adapun lemak sehat itu bisa kita dapatkan pada berbagai macam jenis kacang-kacangan. Baik untuk pasien pasca operasi yang kehilangan berat badannya.

Lemak sehat ini memiliki manfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga untuk mengurangi risiko infeksi pasca operasi. Jadi lemak sehat ini supaya bisa menyerap nutrisi dan vitamin dalam makanan.

Contohnya minyak zaitun,  alpukat, minyak kelapa dan kacang-kacangan.

Daging-Dagingan

Operasi mengharuskan pasien supaya diam di ruangan, hingga sendi dan otot jadi kurang bergerak.  Sehingga kita membutuhkan banyak protein dan juga zat besi, supaya bisa membantu tubuh untuk mempercepat pemulihan sendi dan otot.

Jenis protein dalam daging mengandung asam amino, yang fungsinya adalah memperbaiki kerusakan otot. Selain itu juga untuk mempercepat proses penyembuhan luka kita lho.

Sementara itu, dengan adanya zat besi dalam daging fungsinya untuk mempercepat produksi sel darah yang baru.

Di luaran sana ada banyak sekali makanan dan minuman yang dianjurkan, untuk dikonsumsi oleh pasien pasca operasi. Minuman yang bisa dikonsumsi misalnya adalah yogurt dan minuman probiotik.

Keduanya akan membantu usus untuk tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Konsumsi minuman ini setidaknya satu hari sekali, untuk menjaga kesehatan usus.

Sebab usus yang sehat, bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh juga lho. Jadi, untuk keluarga balitanesia, pastikan hanya mengonsumsi makanan dan minuman sehat ya.

BALITANESIA adalah media parenting yang berisi konten keluarga tentang anak, kesehatan, finansial, resep dan memes lucu untuk millennial parents di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button