Keluarga SehatTips Sehat

Khasiat Jambu Merah untuk Obati Demam Berdarah

keluarga balitanesia, di tengah pergantian cuaca seperti sekarang, banyak penyakit yang mengintai lho. Misalnya saja adalah Demam Berdarah. Karena itu pula, khasiat jambu merah kembali mencuat setiap kali musim Demam Berdarah tiba. Nyamuk Aedes aegypti adalah penyebabnya dan mereka bebas berkembang biak di tempat tergenang dan lembap.

Jika tidak ada tindakan pencegahan untuk mencegah, maka genangan air yang ada akan membuat nyamuk Aedes aegypti berkembang biak lebih banyak. Sebab nyamuk Aedes Aegepty memiliki risiko menularkan virus yang sangat tinggi pada manusia.

Seperti Apa Kondisi Penderita Demam Berdarah

Umumnya para penderita yang terinfeksi virus dengue ringan, mendapatkan gejala bintik-bintik di sekujur tubuhnya. Selain itu mengalami demam tinggi sampai 41 derajat Celcius. Juga termasuk nyeri otot dan sendi sepanjang hari. Sejak awal gejala-gejala demam dengue sudah dapat terlihat. Lalu gejala akan mereda dan kondisi pasien pun membaik dalam beberapa hari, namun ini justru fase yang harus dikhawatirkan.

Memang dalam demam berdarah, kondisi membaik bukannya sembuh, melainkan malah jadi makin parah, Itu adalah tanda bahwa penderita mengalami Demam berdarah yang parah. Adapun gejala demam berdarah yang makin parah itu bisa menyebabkan pendarahan pada mulut dan hidung pasien. Bahkan bisa muntah, merasa sakit perut, dan juga ada gangguan pada jantung, hati, dan paru-paru penderita.

Supaya bisa menangani penyakit DBD ini, biasanya para dokter kan menganjurkan pasien supaya mengikuti terapi simptomatis. Tujuannya mengurangi gejala dan terapi rehidrasi. Adapun dilakukannya terapi rehidrasi ini dengan cara memberi pasien banyak cairan misalnya air putih. Dibarengi dengan beristirahat yang lama. Tujuan dilakukan hal ini adalah supaya pasien tidak dehidrasi.

Khasiat Jambu Merah dengan Kandungan Vitamin C

Setelah pasien sembuh, maka harus dilakukan perawatan khusus untuk mengembalikan kondisi tubuh. Sangat dibutuhkan nutrisi yang tepat dan juga seimbang untuk menjaga tubuh tetap sehat dan juga tetap fit. Semua manfaat itu didapatkan lewat kandungan jambu merah dengan vitamin C yang melimpah. Asam askorbat atau vitamin C memiliki sejumlah manfaat, salah satunya untuk menyembuhkan luka dan juga akan membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

Hanya saja tubuh manusia tak bisa memproduksi vitamin C sendiri. Apalagi tingkat asam askorbat yang ada di dalam tubuh manusia pun akan menurun saat seseorang makin tua. Oleh sebab itu dianjurkan untuk memasok asupan vitamin C dengan cara mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan aneka jenis. Adapun satu cara yang praktis dan mudah adalah dengan konsumsi jambu merah.

Memang khasiat jambu merah akan terasa jika dimakan secara langsung. Bisa mengembalikan kondisi tubuh yang melemah setelah diserang oleh penyakit demam berdarah selama beberapa hari. Buah jambu biji merah memang merupakan kategori buah tropis yang bisa dikonsumsi kapanpun dan bagaimana pun penyajiannya. Bukan hanya sebagai sumber vitamin C, namun buah ini mengandung banyak serat yang baik bagi tubuh kita sehari-hari.

Uniknya lagi, buah jambu merah ini bisa dimakan secara segar dan juga diolah menjadi jus. bahkan tidak hanya daging buahnya saja yang bisa diolah, namun daunnya pun berkhasiat. Biasanya bermanfaat untuk meningkatkan produksi trombosit darah setelah DBD, yang kadarnya sempat menurun. Kemudian air rebusan daun jambu biji itu mengandung quercetin atau dikenal juga senyawa flavonoid. Memang dipercaya berkhasiat menghambat pembentukan virus penyebab demam lho. Luar biasa ya khasiat jambu merah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button