Hidup Sehat

Macam-Macam Diet yang Bisa Dilakukan

keluarga balitanesia, tak ada yang melarang untuk menguruskan badan. Dimulai dari rajin berolahraga sampai dengan mengurangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Supaya bisa mengurangi berat badan, maka ada macam-macam diet yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi tubuh kita.

Tak hanya untuk alasan kesehatan maupun penampilan saja, diet merupakan hal lumrah yang dilakukan laki-laki dan perempuan. Supaya mempermudah hilangnya lemak berlebihan di tubuh, maka macam-macam diet tersedia. Namun jangan bingung memilih dari sekian banyak diet yang ada, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Memilih Diet

Diet 5:2

Yang disebut diet 5:2 adalah dengan cara makan normal selama lima hari kemudian lakukan puasa selama dua hari dalam satu minggu. Jadi selain menurunkan berat badan, namun diet ini juga diklaim dapat meningkatkan usia hidup. Juga meningkatkan fungsi kognitif, serta melindungi otak dari demensia dan penyakit Alzheimer juga. Bahkan diet ini juga melindungi tubuh dari macam-macam penyakit.

Diet Dukan

Kemudian diet selanjutnya dari macam-macam diet adalah diet Dukan. Jenis diet yang menekankan pola makan tinggi protein dan rendah karbohidrat, juga rendah lemak. Jadi diet Dukan dirancang khusus supaya tidak merasa lapar selama menjalani diet. Silahkan dipilih dari 100 jenis makanan yang berbeda, juga diperbolehkan memakannya sebanyak yang disukai. Yang penting dari 100 jenis makanan tersebut.

Memilih pola makan ini konon dapat menurunkan berat badan sampai sebanyak 15 kg dalam 8-10 minggu lho. Namun ada efek sampingnya adalah kelelahan dan kekurangan nutrisi tertentu. sebab penurunan berat badan disebabkan cairan tubuh yang hilang dan massa otot yang berkurang.

Diet Paleo

Yang dimaksud Diet Paleo hanya memperbolehkan konsumsi makanan alami, sama seperti manusia gua di zaman prasejarah dulu. Adapun makanan yang dimaksud misalnya daging tanpa lemak, buah-buahan, telur, ikan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, serta minyak nabati.

Makanan yang sebaiknya dihindari misalnya produk susu, makanan dan minuman olahan, kentang, dan garam serta gula. Kekurangannya adalah kita jadi cepat bosan, sebab makanan terasa hambar dan boros. Karena makanan harus serba organik.

Diet Atkins

Kemudian Diet Atkins akan menurunkan berat badan setelah mengurangi karbohidrat sederhana. Namun boleh banyak mengonsumsi protein dan lemak. Jadi secara teorinya, saat kelaparan akibat tidak ada cukup karbohidrat, maka tubuh pun akan mulai membakar lemak supaya mendapatkan energi. Efek sampingnya adalah kekurangan nutrisi, dan sembelit, juga merasa pusing dan insomnia. Ditambah lagi mual dan kelelahan karena kurangnya karbohidrat.

Tak hanya diet di atas, macam-macam diet masih ada banyak, contoh seperti diet Mediterranean dan diet air putih. Hanya saja efektivitas tiap jenis diet tak sama pada setiap orang. Hal itu tergantung kondisi tubuh orang yang menjalani diet itu sendiri.

Jadi, sebelum Anda mencoba macam-macam diet di atas, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli gizi. Sembarang mengadopsi pola makan bisa membahayakan kondisi dan kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button