Hidup SehatKeluarga Sehat

Macam-Macam Kanker Tulang dan Penyebabnya

keluarga balitanesia, pernah mendengar kanker tulang? Agaknya kanker yang satu ini memang belum terlalu familiar di tengah masyarakat, padahal sudah banyak pasiennya. Macam-macam kanker tulang ternyata bervariasi, dan bisa menyerang bagian mana pun di dalam tubuh. Mengetahui jenisnya, akan mempercepat diagnosis dan perawatan yang tepat.

Macam-Macam Kanker Tulang

Di bawah ini adalah beberapa macam kanker tulang yang banyak terjadi. Penyebab dan gejalanya bisa berbeda-beda, namun sama-sama membahayakan. Berikut adalah macam-macam kanker tulang :

Osteosarcoma

Yang satu ini adalah jenis kanker tulang yang paling familiar, umumnya menyerang remaja dan kanak-kanak. Bisa tumbuh di bagian tulang manapun, namun tulang berukuran panjang menjadi sasarannya. Misalnya adalah tulang lengan atas, tulang kering dan juga tulang paha.

Apa saja gejala osteosarcoma? Munculnya benjolan di sekitar tulang, membengkak dan sendi serta tulang terasa nyeri. Bisa tiba-tiba patah tulang tanpa sebab. Adapun penyebab osteosarcoma diduga sebab adanya kesalahan dalam DNA. Karena adanya kesalahan tersebut, akhirnya membuat sel yang tadinya memiliki fungsi untuk pertumbuhan tulang, malah berbalik ciptakan sel kanker berbahaya. Itulah kenapa remaja dan anak-anak yang rentan kanker tulang jenis ini. Sebab mereka memiliki lebih banyak sel pertumbuhan tulang.

Chondrosarcoma

Macam-macam kanker tulang lainnya yang banyak terjadi adalah chondrosarcoma. Pada umumnya akan tumbuh lambat dan perlahan pada berbagai area tulang rawan. Contohnya di tulang panggul, tulang paha dna juga lengan atas. Tetapi juga bisa tumbuh pada syaraf, otot dan juga jaringan lunak di kaki serta tangan. Para pencerita chondrosarcoma secara umum merasakan gejala pada bagian tersebut. Misalnya susah bergerak di aera yang terkena kanker, muncul rasa sakit yang luar biasa dan ada benjolan besar di tulang. Susah buang air kecil akan dialami penderita kanker ini di bagian pinggul.

Macam-macam kanker yang satu ini memang bisa terjadi pada siapapun, usia berapapun. Namun umum terjadi pada orang dengan usia 40 tahun ke atas. Apabile penderita memiliki tumor jinak di tulang rawan, maka risiko kanker ini makin besar.

Sarkoma Ewing

Sementara itu, yang satu ini merupakan kanker tulang pada kanak-kanak. Kanker tulang yang langka dan tumbuh pada tulang bagian apapun. Bisa di tulang paha, panggul dan juga kaki. Bahkan jaringan lunak sekitar tulang pun bisa terkena, misalnya otot, tulang rawan dan saraf. Apa saja gejala yang terjadi? area yang terkena kanker membengkak dan nyeri, demam dan kelelahan tanpa penyebab, turun berat badan drastis dan nyeri tulang. Belum ada penyebab pasti dari jenis kanker yang satu ini.

Chordoma

Pada bagian tulang belakang atau pada tengkorak, jenis kanker tulang chordoma namanya. Yang paling sering terjadi adalah pada dasar tengkorak, juga pada tulang belakang bagian bawah serta diderita usia 40 tahun ke atas. Adapun asalnya adalah sel embrio yang tadinya akan membentuk cakram tulang belakang. Sebenarnya sel ini hilang setelah bayi lahir, namun ada juga yang tetap ada sampai dewasa dan berbalik menjadi kanker bahaya. Karena letaknya yang dekat dengan sumsum tulang belakang, apalagi dekat dengan otak, arteri dan saraf, maka cukup sulit untuk diobati.

Untuk mencari pengobatan yang tepat, mengetahui letak kanker dan stadiumnya sangat penting lho! Apalagi pengobatannya tak semua selesai dengan operasi. Mengetahui macam-macam kanker tulang adalah salah satu cara menentukan pengobatannya. Apa saja pengobatan selain operasi? Misalnya dengan kemoterapi serta radioterapi juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button