Keluarga SehatKesehatanTips Sehat

Mandi Di Malam Hari, Bahaya atau tidak ya ?

Sering Mandi Malam, Apakah Berbahaya?

Banyak orang yang percaya bahwa mandi di malam hari bisa berbahaya bagi kesehatan. Namun, hal itu belum terbukti sepenuhnya. Masih belum banyak penelitian yang membuktikan dampak bahaya dari mandi malam. Meski begitu, bukan berarti hal ini bisa dijadikan kebiasaan dan sering dilakukan. Sering mandi malam dikhawatirkan bisa mengganggu kondisi tubuh, sehingga rentan terserang penyakit.

Bahaya mandi malam sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit rematik menyerang. Akan tetapi, hal itu ternyata hanya mitos belaka. Mandi malam sama sekali bukan penyebab penyakit rematik.

Malah sebaliknya, rutin mandi malam dengan air hangat disebut bisa membantu meringankan gejala rematik. Selain dengan air hangat, kamu juga disarankan untuk sesekali mandi dengan air biasa untuk membantu mengurangi nyeri otot setelah beraktivitas sehari-hari.

Bahkan, kebiasaan mandi malam hari justru bisa mendatangkan manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang dimaksud:

1. Membantu Tidur Lebih Cepat

Mandi dengan air hangat di malam hari bisa membantu melemaskan ketegangan otot dan membuat tubuh lebih relaks.

Dengan demikian, Anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Hal ini akan membuat Anda lebih siap untuk beraktivitas esok harinya.

2. Mencegah Jerawat

Langsung berbaring di kasur setelah beraktivitas seharian bisa membuat Anda berjerawat. Pasalnya, minyak dan keringat yang masih menempel di tubuh bisa menyumbat pori-pori dan memicu masalah kulit tersebut.

Lain halnya jika Anda mandi malam hari, khususnya jika menggunakan sabun yang mengandung zink. Hal ini bisa membantu membuang sisa-sisa minyak, keringat, dan kotoran yang menempel di tubuh, sehingga jerawat pun bisa dihindari.

3. Kulit Lebih Sehat

Hormon pertumbuhan dalam tubuh manusia bisa memengaruhi kondisi kulit. Sementara itu,  hormon seks bisa memengaruhi ukuran kelenjar minyak (sebasea). Kadar kedua hormon tersebut memuncak pada malam hari.

Oleh sebab itu, mandi pada malam hari bisa menghilangkan rangsangan eksternal dari permukaan kulit. Hal ini dapat menjaga hormon tetap dalam keseimbangan yang optimal.

4. Mencegah Kontaminasi Bakteri

Faktanya, banyak bakteri yang menempel di kepala, apalagi setelah Anda beraktivitas seharian. Jadi, jika Anda tidur dengan rambut kotor, maka kasur, bantal, dan guling bisa saja terkontaminasi bakteri.

Bakteri tersebut bisa terus berkembang dan semakin mengancam kesehatan rambut, wajah, maupun bagian tubuh lainnya.

5. Mencegah Kekambuhan Alergi

Apakah Anda alergi terhadap debu, tungau, atau bahan lainnya? Jika ya, Anda sebaiknya tak melewatkan mandi malam.

Faktanya, mandi di malam hari setelah beraktivitas seharian bisa membantu menjaga kebersihan diri Anda. Dengan demikian, risiko Anda terpapar alergen pemicu alergi juga bisa diminimalkan.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Merasa lelah atau penat setelah bekerja seharian? Jika ya, cobalah untuk mandi malam hari setelah Anda sampai di rumah.

Mandi malam bisa membantu memperbaiki suasana hati. Berendam dengan air hangat atau langsung menikmatinya dari shower juga bisa merelaksasi otot dan pikiran Anda.

Anda bisa menambahkan minyak esensial pada air rendaman atau menyalakan lilin aromaterapi agar pikiran dan suasana hati kian membaik.

7. Bangun Lebih Segar Esok Hari

Mandi malam setelah beraktivitas bisa membuat kualitas tidur Anda meningkat.

Alhasil, esok harinya, Anda bisa bangun dengan kondisi segar dan suasana hati yang baik. Hal ini membuat Anda lebih siap untuk melakukan segala rutinitas harian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button