Tips Sehat

Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan Tubuh

keluarga balitanesia, manfaat lengkuas untuk kesehatan ternyata dikenal sejak lama, lho. Selama puluhan abad silam, rempah yang satu ini dijadikan ramuan herbal untuk obati penyakit. Tak perlu meragukan khasiat lengkuas sebagai obat tradisional, karena di dalamnya terkandung aneka senyawa penting untuk kesehatan. Contohnya seperti galangin, polifenol, asam felonik, sampai dengan flavonoid.

Pada umumnya, lengkuas dijadikan rempah untuk menambah citarasa makanan. Namun, banyak juga yang menggunakan lengkuas sebagai ramuan untuk jamu dan lain sebagainya.

Apa Saja Manfaat Lengkuas?

Di bawah in adalah beberapa khasiat lengkuas yang beraneka macam, adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

Lengkuas untuk Redakan Nyeri Sendi

Karena lengkuas diduga mampu untuk redakan nyeri pada sendi, misalnya kasus osteoarthritis. Berfungsi sama dengan jahe dan kunyit, ternyata lengkuas diketahui mengandung senyawa antiradang. Fungsinya membantu meredakan peradangan penyebab nyeri sendi seseorang. Bahkan dari penelitian yang dilakukan untuk penderita osteoartitis lutut, hasilnya bagus. Pasien harus mengonsumsi ekstrak jahe dan lengkuas setiap harinya. Tujuannya untuk redakan nyeri lutut yang muncul saat pasien bangkit dari duduk. Walau begitu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan dari peneliti.

Lengkuas untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Seseorang yang mengonsumsi lengkuas, bisa mendapatkan kesuburan yang meningkat. Hal ini berdasarkan pada penelitian selama tiga bulan, untuk lelaki dengan kualitas sperma buruk. Ternyata dengan konsumsi suplemen dengan ekstrak lengkuas memberikan hasil yang baik untuk tingkatkan kualita sperma. Hanya saja peneliti masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk hal ini.

Lengkuas Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah

Dengan mengonsumsi lengkuas bisa mencegah diabetes tipe 2 juga penyakit jantung. Pasien bisa mendapatkan manfaat ini karena adanya antioksidan polifenol yang memang mampu turunkan kadar kolesterol jahat dan gula darah tubuh.

Lengkuas Mengatasi Gangguan Pernapasan

Gangguan pernapasan yang dialami anak bisa diatasi dengan minyak atsiri dalam lengkuas. Misalnya batuk rejan, infeksi tenggorokan, bronkhitis dan rhinitis.

Lengkuas Mengurangi Risiko Kanker

Walau memang belum terbukti untuk manusia, namun berdasarkan penelitian dalam tabung percobaan ternyata menunjukkan hal itu. Adanya kandungan galangin dalam lengkuas akan membunuh sel kanker. Juga mencegah sel kanker itu sendiri menyebar. Utamanya kanker kulit, kanker usus besar dan juga kanker payudara. Radikal bebas yang jadi penyebab kanker pun bisa ditangkal dengan antioksidan dalam lengkuas.

Lengkuas Membunuh dan Menghambat Perkembangan Virus dan Bakteri

Dalam lengkuas ada kandungan galangin, dan ternyata mampu menghambat terjadi perkembangan virus. Tak hanya itu saja, sebab lengkuas yang diekstrak pun bisa membunuh bakteri yang sebabkan aneka penyakit. Memang belum ada penelitian yang paten mengenai hal ini, namun setidaknya menjadi salah satu harapan bagi dunia medis kita.

Setelah mengetahui apa saja manfaat lengkuas untuk kesehatan, kita penasaran dengan rasa asli dari lengkuas. Memang pada aslinya terasa sedikit pedas dengan aroma yang kuat. Walau begitu tidak sepedas jahe dan aromanya beda dengan jahe. Supaya bisa mendapatkan khasiatnya, bisa memasukkan potongan rempah ini dalam minuman, makanan atau dijadikan jamu.

Sekalipun lengkuas memang biasa dijadikan obat tradisional bagi berbagai penyakit kita, jangan sembarangan ya! Apalagi hanya mengandalkan lengkuas sebagai obat. Sebab kita belum mengetahui kajian ilmiah yang paten mengenai lengkuas itu sendiri. Memang bisa dijadikan obat, namun ada juga efek samping yang harus kita ketahui.

Hilangnya nafsu makan, diare dan sering buang air kecil merupakan salah satu efek sampingnya. Maka karena itu, konsultasikan dengan dokter untuk dapatkan perawatan terbaik.

BALITANESIA adalah media parenting yang berisi konten keluarga tentang anak, kesehatan, finansial, resep dan memes lucu untuk millennial parents di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button