Tips DietTips Sehat

Manfaat Minum Air Hangat

keluarga balitanesia, ketika bangun tidur tubuh sering kali terasa lemas. Untuk menyegarkan badan biasanya kita meminum air dingin agar segar. Bahkan ada pula yang meminum kopi atau teh ketika bangun tidur. Namun tahukah anda, bahwa hal tersebut kurang baik? Minuman yang harus anda biasakan untuk konsumsi di pagi hari ternyata adalah air putih hangat ! Begitu banyak khasiat dari air putih hangat selain tidak membuat tenggorokan dan lambung kaget, air putih hangat juga memiliki banyak sekali khasiat lain yang mungkin belum anda ketahui.

Berikut kami rangkum beberapa khasiat rutin meminum air putih hangat yang bisa anda baca :

Menurunkan Berat Badan

Wah jika sudah mendengar kalimat menurunkan berat badan sudah pasti banyak yang tertarik . Tahukah anda bahwa meminum air putih hangat di pagi hari dapat mengaktifkan metabolisme tubuh sehingva dapat membakar lemak yang lebih banyak. Terlebih jika dilanjutkan dengan olahraga ringan di pagi hari seperti jogging maka akan lebih efektif. Terlebih, meminum air hangat dapat membantu membersihkan usus dan membuang limbah dalam perut sehingga terhindar dari perut kembung. Bagaimana, sudahkah anda meminum air hangat pagi ini?

Melancarkan Saluran Pencernaan

Buang air besar di pagi hari bisa menjadi rutinitas bagi kebanyakan orang. Namun tak jarang yang mengalami susah BAB di pagi hari dan merasakan perut kembung yang sangat mengganggu . Untuk menyiasatinya, cobalah minum segelas air putih hangat dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Air hangat bekerja sebagai lubrikan atau pelumas di sepanjang saluran penceraan yang kemudian dapat membantu menghidrasi dan mengeluarkan racun serta limbah yang terperangkap di dalam perut.

Mendetoks racun dalam tubuh

Salah satu khasiat air hangat untuk kesehatan adalah detoksifikasi racun. Saat kita minum air hangat, suhu dalam tubuh naik dan mengaktifkan sistem endokrin sehingga kamu lebih mudah berkeringat.

Sama halnya dengan berendam di air panas. Walau mungkin terasa tidak nyaman, keringat merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan racun. Bahkan anda bisa juga menambahkan perasan air lemon untuk membantu proses detoksifikasi saluran pencernaan. Kandungan vitamin C pada lemon juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Anti aging alami

Sama halnya seperti menurunkan berat badan, jika mendengar kalimat membuat awet muda sudah pasti banyak yang tertarik. Salah satu khasiat dari air putih hangat adalah sebagai anti aging alami. Air putih hangat dapat mengeluarkan racun yang terperangkap di dalam tubuh. Racun-racun tersebut mempercepat proses penuaan. Maka dari itu, rutinlah minum air hangat di pagi hari untuk memperlambat proses penuaan. Selain itu, air hangat juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit dan memperbaiki sel kulit mati.

Mencegah jerawat

Jerawat yang muncul pada wajah bisa disebabkan oleh hormon yang tidak stabil, kulit yang kotor atau karena dehidrasi. Polusi, debu dan bakteri juga dapat membuat wajah terlihat kusam. Jangan khawatir! Rutin minum air hangat bisa melawan radikal bebas, menstabilkan hormon, dan melembapkan kulit agar terlihat lebih cerah dan terbebas dari jerawat.

Rambut Sehat

Manfaat lainnya dari rutin meminum air putih hangat adalah membuat rambut lebih sehat! Rambut sering rontok dan ketombe bisa jadi karena kulit kepala yang kering dan sel rambut yang rusak.

Minum air putih hangat secara rutin dapat memberikan energi alami untuk sel-sel dan mempercepat pertumbuhan rambut. Mineral dalam air putih juga menghidrasi kulit kepala dan rambut kering, sehingga rambut menjadi halus dan mengkilap. Tentu saja, rambut akan lebih sehat tanpa harus terkena zat zat kimia.

Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang lancar penting sekali untuk kinerja organ-organ dalam tubuh agar lebih maksimal. Dengan rutin meminum air putih, sirkulasi dan peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh menjadi lebih sehat.

Mencegah dehidrasi

Air putih mengandung elektrolit yang bisa menjaga kesehatan dab fungsi tubuh. Jangan sepelekan dehidrasi ya karena itu sangat berbahaya !
Itulah sebagian khasiat dari rutin meminum air putih hangat ketika bangun tidur. Jika dilakukan secara rutin tentu saja khasiat yang didapat akan lebih maksimal. Maka dari itu, lakukanlah pola hidup sehat dan disiplin maka khasiat yang baik pun akan anda rasakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button