Hidup Sehat

Manfaat Seledri yang Baik untuk Kesehatan

keluarga balitanesia, biasa menggunakan seledri untuk apa? Biasanya digunakan untuk pelengkap makanan berkuah seperti sup dan juga bakso. Ternyata ada manfaat daun seledri yang luar biasa bagi kesehatan lho. bahkan untuk mengatasi aneka macam penyakit yang diidap tubuh.

Diketahui tanaman seledri memiliki banyak varietas yang berasal dari berbagai negara. Contohnya adalah seledri Cina, yakni jenis seledri dengan rasa yang kuat. Dengan ciri warna lebih gelap dibanding yang lain.

Mengenali Manfaat Seledri

Adapun bagian dari tanaman seledri yang umum digunakan sebagai obat yaitu buah dan biji keringnya/ Lantas diperas sampai minyaknya keluar. Bahkan ada yang menggunakan seledri untuk membuat minuman yang mirip wine. Di masa modern, bahkan jus seledri juga sering diproduksi sebagai obat lho, juga minyak seledri diproduksi ke dalam bentuk kapsul sehingga lebih praktis.

Walau begitu, hampir setengahnya manfaat daun seledri sebagai obat, nyatanya belum terbukti secara ilmiah dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi.

Di bawah ini adalah beberapa dugaan manfaat seledri bagi kesehatan tubuh :

Untuk memperlancar menstruasi

Banyak yang menganggap jika biji seledri efektif untuk memperlancar haid, serta meringankan nyeri menstruasi. Ada penelitian klinis yang menggunakan biji seledri, dengan bunga lawang (anise) serta saffron atau kuma-kuma, dengan konsumsi selama tiga hari berturut-turut.

Untuk mengusir nyamuk

Seledri memiliki kemungkinan seledri dapat dimanfaatkan sebagai losion pengusir nyamuk lho. Sebab penelitian menunjukkan, jika produk losion antinyamuk dengan ekstrak seledri 5 sampai 25 % mampu mengusir nyamuk hingga empat jam lamanya.

Sebagai sumber mineral penting

Daun seledri mengandung mineral penting, misalnya kalium yang berperan dalam membantu mengatur tekanan darah kita, juga mangan yang sangat terlibat dalam pengaturan fungsi saraf serta otak.

Bisa menurunkan tekanan darah

Manfaat daun seledri yang mengandung fitokimia atau phthalides lainnya adalah mengendurkan jaringan otot dalam dinding arteri. Supaya meningkatkan aliran darah, dan akhirnya menurunkan tekanan darah tinggi.

Untuk meningkatkan daya ingat

Berdasarkan sebuah penelitian, daun seledri mengandung antioksidan yang bernama luteolin untuk meningkatkan daya ingat. Diketahui juga bahan ini juga dapat mengurangi berbagai risiko penyakit penuaan, misalnya radang otak.

Pada umumnya seledri aman dikonsumsi, juga diaplikasikan pada kulit sebagai pengobatan sementara. Hanya saja, daun seledri mungkin menjadikan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari dan bisa menyebabkan peradangan juga.

Tak hanya itu, biji seledri dan minyaknya pun tidak dianjurkan untuk bumil dan busui ya. Bahkan dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kontraksi pada rahim.

BALITANESIA adalah media parenting yang berisi konten keluarga tentang anak, kesehatan, finansial, resep dan memes lucu untuk millennial parents di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button