Hidup Sehat

Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan

keluarga balitanesia, tahukah tentang manfaat telur ikan? Ternyata jangan sepelekan ukurannya yang kecil-kecil sebab ada banyak manfaatnya lho. Jadi telur ikan ini ternyata tak boleh kita lewatkan lho. Sebab ada ragam macam kandungan nutrisi penting yang terkandung menjadikan telur ikan ini sangat baik untuk konsumsi kita.

Kita juga tahu jika daging ikan sangat bermanfaat, dan sehat. Ternyata telurnya juga tak kalah hebat dari dagingnya lho. Telur ikan yang kecil-kecil itu rupanya bisa memberikan segudang manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita.

Manfaat Telur Ikan Ada Banyak

Bagi yang suka mengonsumsi telur ikan, maka rasakan beberapa manfaat kesehatannya berikut ini jika kita konsumsi dengan rutin :

Mampu tingkatkan kesehatan otak

Manfaat pertama yang akan kita rasakan adalah meningkatkan kesehatan otak dan saraf kita. Kita bisa dapatkan manfaat ini dari kandungan asam lemak omega 3nya, yaitu EPA, DHA, serta DPA yang memang melimpah dalam telur ikan ini. Bukan hanya itu, asam lemak omega-3 pun mendukung perkembangan dan juga pembentukan otak anak-anak, bisa meredakan gejala depresi dan meredakan kecemasan pada orang yang dewasa. Tak hanya itu, jugabisa memperlambat proses penuaan juga memperlambat penurunan fungsi kognitif pada lansia.

Untuk tingkatkan kesehatan mata

Bukan hanya untuk kesehatan otak kita saja, dengan adanya asam lemak DHA dan juga EPA ternyata penting untuk perkembangan fungsi penglihatan pada bayi, tak hanya itu juga bisa meningkatkan fungsi retina pada anak-anak dan bahkan pada orang dewasa, lho. Tambah lagi, dengan mendapatkan asupan asam lemak omega3 yang cukup, itu juga akan menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit mata. Contohnya seperti retinopati diabetik, atau sindrom mata kering, dan juga degenerasi makula.

Tingkatkan fungsi kekebalan tubuh manfaat telur ikan

Ketahuilah bahwa telur ikan adalah merupakan sumber selenium yang baik lho. Kandungan mineral yang satu ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang bisa melindungi tubuh kita dari kerusakan oksidatif yang penyebabnya radikal bebas. Tak bisa kita prediksi kerusakannya sebelah mana, bisa termasuk organ dan sel-sel yang ada dalam sistem kekebalan tubuh juga. Jika hal itu terjadi bisa mengurangi kemampuan tubuh kita dalam melawan infeksi apapun. Kemudian selain itu, kandungan selenium ini berperan penting untuk meningkatkan fungsi kelenjar tiroid, kesehatan mental juga bisa lebih terjaga,

Untuk menjaga kesehatan jantung

Dengan mengonsumsi telur ikan, maka kita sudah menjaga kesehatan jantung juga. Sebab kandungan asam lemak omega 3 yang ada dalam telur ikan memang serbaguna, salah satunya untuk mengurangi proses pembekuan darah. Bisa melebarkan pembuluh darah yang sempit dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Peradangan dalam tubuh juga bisa kita kurangi.

Demikian adalah manfaat telur ikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button