Hidup Sehat

Penyebab Darah Haid Keluar Banyak

keluarga balitanesia, bagi perempuan tentu sudah biasa mengalami haid setiap bulannya. Namun ada kala, darah yang keluar sangat banyak dan cukup membingungkan. Tetapi ada patokannya sendiri mengenai banyak, jika lebih dari 80 ml, maka itu sudah termasuk keluar banyak. Hanya saja kita tak bisa menghitung apakah darah tersebut lebih dari 80 ml atau tidak.

Alasan Darah Haid Keluar Banyak

Memang kita tak bisa mengeceknya dengan pasti, namun ada beberapa ciri-ciri yang bisa menandakan bahwa kita keluar banyak darah saat haid. Yaitu :

Haid yang lebih dari seminggu

Satu hingga dua jam sekali harus mengganti pembalut karena penuh atau bocor

Keluar gumpalan darah sebesar uang logam

Celana atau sprei tembus dari celana

Tengah malam tetap mengganti pembalut karena penuh atau bocor

Apabila tiap haid kita keluar banyak darah, maka itu bisa menganggu aktivitas harian kita lho. Misalnya menyebabkan sesak napas dan lemas. Bahkan ada juga gejala penyakit serius dan berbahaya dengan ciri-ciri darah haid keluar banyak.

Apa Penyebab Darah Haid Banyak?

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan darah saat haid keluar sangat banyak dan di bawah adalah beberapa penyebab yang paling sering :

Miom (fibroid), merupakan jaringan nonkanker yang tumbuh di sekitar rahim.
Endometriosis, hal ini terjadi ketika lapisan dalam rahim tumbuh di luar rahim kita, bisa ada di tuba falopi atau ovarium juga.
Radang panggul, merupakan peradangan yang terjadi pada rahim, juga ovarium, serta tuba falopi.
Adenomiosis, yang satu ini terjadi ketika jaringan dalam pada lapisan rahim malah menembus keluar dinding rahim kita.
Polip endometrium, merupakan jaringan nonkanker yang tumbuh sampai menonjol pada lapisan rahim atau leher rahim kita.
Sindrom ovarium polikistik, yang satu ini adalah kondisi yang memengaruhi kerja ovarium dan akhirnya menyebabkan masalah.

Selain itu, menggunakan alat kontrasepsi yang digunakan dalam rahim juga bisa menyebabkan menstruasi banyak lho. Utamanya pada 3 sampai 6 bulan pertama penggunaannya. Jika seseorang menjalani pengobatan tertentu, misalnya terapi hormon atau obat antipembekuan darah, atauadanya ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron pun bisa menyebabkan darah haid keluar banyak.

Ingat juga ada kehamilan ektopik, merupakan pembuahan yang terjadi di luar rahim dan bisa menyebabkan perdarahan yang bisa saja dikira sebagai darah haid biasa. Bahkan penyebabnya bisa jadi gangguan pembekuan darah dan kanker rahim. Maka karena itu, jika darah haid keluar banyak dan kita mengalami masalah karena itu, segera temui dokter untuk mengobtan yang lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button