Hidup Sehat

Penyebab Pendarahan Otak

Keluarga Balitanesia, tahu mengenai pendarahan otak? yang dimaksud pendarahan otak adalah pendarahan di dalam jaringan otak. Terjadinya kondisi ini karena pecahnya pembuluh arteri di otak. Kemudian terjadi perdarahan lokal di jaringan sekitarnya, sel otak pun mati.

Tak sedikit orang yang pendarahan otak memberikan gejala seperti stroke. Contohnya mati rasa, salah satu sisi tubuh terasa lemah dan sulit bicara. Ini adalah kondisi yang sangat serius dan perlu pemeriksaan dan penanganan segera oleh dokter.

Macam – Macam Penyebab Pendarahan di Otak

Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab terjadi pendarahan otak. Yang umum terjadi adalah :

Tekanan darah tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit kronis yang dapat melemahkan dinding pembuluh darah. Termasuk pembuluh darah otak. Apabila tekanan darah tidak terkendali, maka penyakit ini berpotensi menimbulkan stroke pendarahan alias stroke hemoragik.

Mengalami Cedera Kepala

Biasanya paling banyak terjadi pada orang di bawah 50 tahun. Yang jadi kemungkinan besar terjadi karena kecelakaan atau terjatuh keras. Misalnya kecelakaan lalu lintas, atau terjatuh dari ketinggian, bahkan cedera kepala akibat olahraga juga jadi penyebab pendarahan otak.

Ada Kelainan Pada Pembuluh Darah

Adanya kondisi yang bisa terjadi pada saat lahir ini sangat rentan. Sebab dapat membuat dinding pembuluh darah pada bagian dalam otak jadi lemah. Adapun kelainan ini dikenal sebagai malformasi arteri vena. Umumnya penderita gangguan ini tidak selalu mengeluhkan gejala. Tetapi pembuluh darah dapat pecah tiba-tiba dan berbahaya.

Mengalami Gangguan Pembekuan Darah

Apabila trombosit menurun, juga dapat menyebabkan perdarahan otak lho. Bisa juga karena anemia sel sabit (yakni sebuah kondisi di mana sel darah merah seperti sabit), karena hemofilia (saat tubuh kekurangan protein untuk pembekuan darah), sampai karena mengonsumsi obat pengencer darah.

Aneurisma atau Pembengkakan Pembuluh Darah

Akan menyebabkan melemahnya pembuluh darah, kemudian dapat pecah dan menimbulkan pendarahan. Inilah kondisi yang dapat menyebabkan stroke.

Angiopati amiloid

Yang disebut dengan angiopati amiloid ialah kondisi adanya kelainan dinding pembuluh darah. Disebabkan faktor usia atau hipertensi. Pada kondisi ini menimbulkan banyak perdarahan kecil, yang bisa jadi besar.

Selain itu, hal lainnya yang menyebabkan perdarahan otak adalah adalah tumor otak dan penyakit hati juga. Memang beberapa penyebab perdarahan otak dapat diatasi sejak awal. Contohnya menjaga pola makan dan hidup sehat. Selain itu bisa juga dengan berkonsultasi ke dokter, untuk mencegah pendarahan otak.

BALITANESIA adalah media parenting yang berisi konten keluarga tentang anak, kesehatan, finansial, resep dan memes lucu untuk millennial parents di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button