Hidup Sehat

Tanda-Tanda Kehamilan Kosong

keluarga balitanesia, ketahuilah mengenai kehamilan kosong. Biasanya tanda-tanda kehamilan yang kosong umumnya mirip saja dengan tanda kehamilan normal pada biasanya. Tetapi pada kehamilan yang tidak ada, tak akan berlangsung sampai bayi lahir. Jadi, kehamilan yang kosong akan berakhir keguguran.

Yang dimaksud dengan kehamilan yang kosong adalah saat seorang wanita sudah positif, tetapi bakal janin tidak kunjung berkembang setelah terjadi pembuahan. Umumnya biasanya terjadi di trimester awal kehamilan kita.

Apa Tanda-Tanda Kehamilan Kosong

Untuk tanda-tanda kehamilan yang kosong ini tidak jauh berbeda dengan kehamilan normal pada biasanya, misalnya :

Mengalami telat haid
Mengalami mual
Muntah-muntah
Kedua payudara terasa kencang
Ada perdarahan ringan dari vagina
Merasa kram ringan
Bahkan kehamilan kosong juga dapat memberikan hasil positif pada test pack saat dicek. Karena disebabkan oleh adanya peningkatan hormon kehamilan yakni hCG, walau nyatanya tidak ada janin yang berkembang dalam rahim.

Semua tanda-tanda kehamilan yang dirasakan semakin menurun dan hilang, seiring dengan kadar hormon kehamilan yang menurun. Apabila tanda kehamilan biasa akan terasa sepanjang kehamilan, maka tanda dari kehamilan yang kosong akan berlangsung dalam waktu singkat saja.

Bagaimana Cara Memastikan Kehamilan Normal dan Kehamilan Kosong

Kita bisa lihat jika kehamilan normal dan kehamilan yang kosong nyaris sama, maka kondisinya harus dipastikan oleh dokter kandungan, dengan cara melakukan USG.

Supaya bisa menentukan apakah tanda-tanda kehamilan yang dialami muncul karena kehamilan normal atau bukan, maka dokter akan melakukan pemeriksaan USG. Adapun USG bisa dilakukan melalui perut atau bisa juga melalui vagina.

DOkter bisa menentukan kehamilan disebut kosong apabila hasil pemeriksaan USG ditemukan bahwa tidak ada bakal janin dan juga kantung ketuban di dalam rahim kita. Apabila usia kehamilan kurang dari 6 minggu, biasanya dokter akan meminta untuk USG ulang seminggu lagi. Supaya bisa lebih memastkan jika dalam rahim tidak ada janin yang berkembang.

Cara Penanganan Kehamilan Kosong

Pada umumnya, kondisi ini akan berakhir dengan munculnya tanda-tanda keguguran dan sebagian wanita yang tidak sadar bahwa ia sedang hamil kosong, mengira sebagai menstruasi. Padahal itu adalah tanda-tanda keguguran.

Tetapi, jika dokter sudah memastikan kehamilan yang kosong ini maka akan ada beberapa tindakan yang dilakukan. Antara lain :

Menanti jaringannya luruh sendiri

Pada beberapa kasus, tak ada penanganan khusus dan dokter akan memantau kondisi si wanita, menunggu keguguran terjadi secara alami.

Meresepkan obat-obatan

Supaya bisa membantu dalam mengeluarkan jaringan embrio yang gagal terbentuk sebagaimana mestinya, maka ada obat yang akan diresepkan. Pada umumnya pemberian obat-obatan ini dilakukan hanya di rumah sakit dan klinik saja. Ketika sedang dalam pengobatan, maka kondisi pasien akan diawasi dengan saksama.

Diharuskan melakukan prosedur dilatasi dan kuretase

Yang dimaksud dengan dilatasi dan kuretase atau kuret adalah prosedur untuk mengangkat sisa-sisa jaringan plasenta yang ada dalam rahim kita. Biasanya dilakukan apabila di dalam rahim masih ada sisa jaringan yang tertinggal setelah proses keguguran.

Apabila ada tanda-tanda kehamilan kosong dan sedang merasa khawatir, maka jangan merasa ragu untuk berkonsultasi ke dokter kandungan. SUpaya bisa mendapatkan pemeriksaan dan juga penanganan yang tepat sesuai prosedur yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button