Hidup SehatTips Sehat

Waspada Dengan Gejala Batu Empedu

keluarga balitanesia, apakah pernah merasa sakit di perut bagian atas yang menjalar ke punggung dan bahu? Hati-hati gejala batu empedu, ya! Banyak orang yang menganggap sepele gejala tersebut, dan berakibat fatal untuk kesehatan.

Umumnya gejala batu empedu mulai terasa setelah batu menyumbat aliran cairan empedu yang menuju ke usus halus kita. Kemudian kondisi ini juga bisa lebih parah lagi jika batu empedu sudah terlanjur masuk ke bagian sistem pencernaan lainnya dalam tubuh kita.

Macam-Macam Gejala Batu Empedu yang Perlu Dikenali

Di bawah ini adalah beberapa gejala batu empedu yang umum terjadi, dan harus diwaspadai :

Merasa Nyeri Pada Perut, Bahu dan Punggung

Jika muncul rasa nyeri yang sangat pada perut bagian kanan atas, bisa juga bagian tengah, maka itu gejala batu empedu yang paling banyak terjadi. Kemudian nyeri itu seakan bergerak menjalar ke punggung serta bahu kita. Biasanya bahu kanan. Nyeri pada perut akan muncul tanpa penyebab, tak hanya siang namun saat malam juga. Sakitnya bisa berlangsung sekitar 1 sampai 5 jam, tetapi ada juga yang beberapa hari. Nyeri ini bisa saja dipicu karena terlalu banyak konsumsi makan lemak tinggi.

Mual dan muntah

Diare kronis

Jika batu empedu sudah lama, maka mual dan muntah adalah gejala umumnya. Yang satu ini bisa saja salah satu respons tubuh terhadap nyeri yang hebat itu.

Kemudian gejala dari penyakit batu empedu ini adalah diare kronis, sekitar 4 kali sehari sampai tiga bulan lamanya. Umumnya hal ini terjadi setelah sistem pencernaan yang lain, seperti pankreas, terganggu oleh batu empedu.

Penyakit kuning

Apabila kulit dan mata berwarna kuning maka itu merupakan gejala batu empedu yang wajib diwaspadai. Sebab bisa jadi mengidap penyakit kuning, apabila batu empedu telah keluar dari kantong empedu dan kemudian malah mengendap di saluran empedu, sehingga menghalangi aliran empedu.

Urin jadi berwarna gelap

Bukan hanya bisa mengendap dan sebabkan kuning pada kulit dan mata, namun adanya kelebihan bilirubin di dalam darah, maka akan dikeluarkan lewat ginjal dan menyebabkan urin jadi gelap.

Tinja pucat

Gejala lainnya dari batu empedu adalah tinja dengan warna pucat dan serupa tanah liat. Itu terjadi saat batu empedu menghambat aliran cairan empedu yang akan memberikan warna pada tinja atau feses.

Memang sebagian gejala batu empedu yang telah disebutkan di atas jadi gejala penyakit lain, yang berhubungan dengan pankreas, hati dan empedu. Sehingga diperlukan pemeriksaan khusus dari dokter. Batu empedu tidak selalu menyebabkan gejala yang terjadi, bahkan batu empedu kadang keluar sendiri tanpa gejala sekalipun.

Meski begitu, Anda tetap harus waspada karena batu empedu yang menyumbat saluran empedu bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius, misalnya peradangan dan infeksi di kantung empedu, saluran empedu, serta pankreas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button